Anisa Sri Rejeki, Satu-satunya Pengojek Perempuan di Pantai Klayar

245

PACITAN – Kunjungan wisatawan ke Pacitan berdampak pada pemasukan para pengojek di Pantai Klayar. Di antara puluhan pengojek laki-laki, terselip seorang perempuan berprofesi sama. Dia adalah seorang ibu dan istri yang rela membantu suaminya mengais rezeki.

Terik mentari tak menghalangi Anisa Sri Rejeki mengais rezeki. Bermodal motor matiknya, dengan sabar menunggu penumpang yang hendak menggunakan jasanya. Ya, sudah tiga tahun ini dia mengadu nasib jadi tukang ojek perempuan. Dia terbiasa berada di antara puluhan laki-laki yang berprofesi sama di Pantai Klayar, Donorojo, Pacitan. ‘’Itung-itung bantu suami,’’ kata Anisa.

Bukan perkara mudah jadi pengojek perempuan. Meski tak pernah mendapat godaan dari rekan seprofesinya, namun tak jarang beberapa penumpang menatapnya keheranan. Pengojek perempuan tampaknya masih asing bagi sebagian wisatawan. Dia pun harus pandai-pandai membagi waktu mengurus buah hatinya. ‘’Jadi, ngojek-nya gantian sama suami. Suami siang, aku pagi,’’ ujar perempuan asal Boyolali, Jawa Tengah, itu.

Jika kondisi ramai, sehari dapat mengantongi uang Rp 200 ribu. Pun jika sedang apes, hanya membawa pulang Rp 50 ribu. Sebab, sekali narik dari pantai ke tempat parkir kendaraan wisatawan, dia hanya mematok tarif Rp 5.000. ‘’Sudah kesepakatan dengan tukang ojek lain,’’ paparnya.

Meski turut membantu suami mencari sumber ekonomi, namun dia tak melupakan tugasnya sebagai istri dan ibu rumah tangga. Selain menjaga anaknya yang masih tiga tahun, di juga menyiapkan sarapan untuk keluarganya. Jika dirata-rata, Anisa kebagian ngojek saat hari beranjak siang. ‘’Kadang juga di rumah saja kalau sepi gak ada bus yang masuk,’’ bebernya sembari menyebut saat bus datang akan ada pemberitahuan.

Sebagai satu-satunya pengojek perempuan, dia senang melakoni pekerjaannya. Baginya, perempuan tak harus berkutat dengan urusan dapur saja. Asal halal, pekerjaan apa pun dapat dilakoni. ‘’Kalau bisa meringankan ekonomi kan lebih bagus,’’ ucapnya sembari tersenyum.*** (sat/c1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here