AdvertorialNgawi

Angkat Pamor Teh Raja lewat Festival Tea

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ini agak anomali. Ngawi yang dikenal memiliki potensi kebun teh di Jamus, Sine, selama ini justru mengangkat kopi sebagai brand untuk dikembangkan.

Hal itu sempat dipertanyakan sejumlah kalangan sebelum akhirnya tercetus ide menggelar Festival Tea Ngawi 2019 yang dipelopori bidang ekonomi kreatif dinas pariwisata pemuda dan olahraga (disparpora) setempat. ‘’Potensi (teh asli Ngawi) itu yang seharusnya di-branding,’’ kata Sekretaris Daerah (Sekda) Mokh. Sodiq Triwidiyanto Jumat (13/9).

Selama ini, Ngawi sudah memiliki produk teh dengan brand Teh Raja. Pun, brand itu sudah dikenal sebagian warga luar daerah.  Ironisnya, justru masih terdengar asing di kalangan masyarakat lokal. ‘’Orang luar daerah banyak yang ambil teh dari sini, tapi warga Ngawi sendiri malah tidak menggunakannya,’’ ujarnya.

Karena itu, pemkab merasa perlu melakukan upaya untuk mengangkat teh asli Ngawi agar lebih dikenal. Salah satunya melalui event Festival Tea Ngawi 2019, menggandeng para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dengan produk utama teh.

Festival yang digelar di Alun-Alun Timur pada 13-14 September itu dimeriahkan sejumlah acara. Di antaranya, tea gatherig, tea festival, nyahi tea, tea breawing contest, tea party, success story, dan fotography competition. ‘’Peserta bakal diajari cara penyeduhan teh yang benar, penyajiannya, dan semua yang hadir bisa menikmati sesuai pilihan,’’ paparnya.

Selain itu, tadi malam ada special performance dari Wahyu Selow dan NdarBoy Genk sebagai bintang tamu penutup festival. ‘’Musiknya adaptif dengan orang minum teh, yang soft. Saya kira sudah tepat Wahyu Selow dan Ndar Boy Genk diundang,’’ tuturnya.

Sodiq optimistis Teh Raja sebagai produk asli Bumi Orek-Orek bakal semakin dikenal dan menjadi pilihan masyarakat. Dengan catatan, para pelaku usaha teh di Ngawi tidak pasif dan serius mengembangkan usahanya. ‘’Mereka harus mau berinovasi untuk mengembangkan teh asli Ngawi,’’ pungkasnya. (tif/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close