Angka Kunjungan Wisatawan ke Telaga Ngebel Turun 20 Persen

443

PONOROGO – Animo wisatawan Telaga Ngebel pada awal tahun baru kemarin (1/1) menjadi ujian pertama tahun pariwisata 2019. Sebab, tingkat kunjungannya justru turun dibandingkan tahun lalu.

Kabid Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Ponorogo Edi Darwanto merekapitulasi tingkat kunjungan tahun baru ini tembus 7.000 wisatawan. Jumlah itu susut 20 persen dari tahun baru sebelumnya. Ada penurunan sekitar 1.400 wisatawan. ‘’Ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan ini,’’ katanya.

Pertama, masa liburan Natal dan tahun baru (Nataru) hampir selesai. Sehingga warga asli daerah setempat dimungkinkan telah kembali ke tanah rantau. Kedua, cuaca yang kurang mendukung dan tidak dapat diprediksi. ‘’Cuacanya hujan dan mendung, jadi warga mungkin lebih memilih menghabiskan waktu liburan di rumah bersama keluarga,’’ ujarnya.

Ketiga, lanjut Edi, semakin banyaknya destinasi wisata. Pun, tiap destinasi menghelat berbagai acara untuk mendongkrak tingkat kunjungan pada awal tahun baru. Sehingga minat kunjungan wisatawan terpecah. ‘’Tapi, kami mengapresiasi itu (banyaknya destinasi wisata, Red). Kami juga menghelat acara untuk memberikan hiburan kepada pengunjung,’’ terangnya.

Sejumlah tambahan fasilitas ikonik juga diharapkan tak sekadar mempercantik tampilan selingkar telaga. Juga, merangsang minat kunjungan wisatawan di tahun pariwisata ini. Agar sumbangsih pendapatan asli daerah (PAD) 2019 dari Telaga Ngebel dapat melampaui target. Meski Edi tak menyebutkan angkanya. (mg7/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here