Setengah Jam, Angin Kencang Sapu 15 Rumah

54

MADIUN – Alam belum ramah di Kabupaten Madiun. Setelah bencana banjir, kini giliran angin kencang menyapu empat desa di Kecamatan Jiwan. Selain Desa Grobokan yang merusak 15 rumah warga, ada Kincang, Kwangsen, dan Teguhan. Juga mengakibatkan pohon tumbang yang sempat menutup arus lalu lintas di Sukolilo. ‘’Tidak ada korban jiwa,’’ kata Muhammad Wahid, anggota tim Search and Rescue (SAR) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun.

Sapuan lesus yang disertai hujan lebat selama setengah jam itu terjadi Sabtu lalu (30/3). Warga berhamburan keluar menyelamatkan diri. Mereka baru bisa memperbaiki atap yang rusak kemarin pagi (31/3) lantaran listrik padam setelah diempas angin. Sedangkan selama proses evakuasi pohon tumbang arus lalu lintas dialihkan ke jalan pertanian di Desa Teguhan. ‘’Evakuasi sekitar setengah jam,’’ ujarnya.

Wahid mengimbau masyarakat tetap waspada. Sebab intensitas hujan dan angin kencang diprediksi masih terus terjadi dalam beberapa pekan ke depan. Ada peringatan dini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). ‘’Sebaiknya berhati-hati di manapun berada,’’ tuturnya. (fat/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here