Angin Kencang Jadi Momok

66

MAGETAN – Hujan disertai angin kencang menjadi momok menakutkan bagi warga Magetan. Sudah banyak peristiwa pohon tumbang hingga menimpa rumah dalam tiga bulan terakhir. ’’Memang sangat ekstrem, ini di luar prediksi,’’ kata Kepala Pelaksana BPBD Magetan Ari Budi Santoso.

Pada momen pergantian dari musim kemarau ke penghujan dulu, didominasi longsor dan banjir. Namun, kali ini bergeser ke angin dengan kecepatan tinggi. Belum lagi disertai petir yang menakutkan. ’’Kami imbau warga selalu waspada,’’ ujarnya.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Fery Yoga saputra menambahkan, tim reaksi cepat (TRC) sempat kewalahan. Jumlah SDM yang terbatas terkadang tak bisa langsung cepat mengevakuasi dampak dari angin kencang. Apalagi, laporan yang diterima dominan pada malam hari. ’’Jadi, tim sampai standby 24 jam nonstop,’’ katanya.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan BMKG Juanda dan BNPB. Yakni, agar terus menginformasikan semua perkembangan cuaca. Sehingga pihaknya dapat memberikan informasi kepada warga yang rawan bencana di wilayahnya. ’’Kami selalu update, dan berupaya meminimalkan dampak dari bencana,’’ pungkasnya. (mgc/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here