Angin Kencang Ganggu Pelancong Objek Wisata Pantai

61

PACITAN – Cuaca buruk diprediksi bakal melanda wilayah Kabupaten Pacitan hingga beberapa hari ke depan. Terutama, angin kencang dan gelombang tinggi di laut. Kemarin (1/1), mengawali 2019, angin kencang hampir terjadi di sepanjang pantai. ‘’Mau jalan saja kesulitan saking kencangnya angin,’’ kata Rosita, salah seorang wisatawan di Pantai Watukarung, Pringkuku, asal Trenggalek.

Rosita pun tak leluasa menikmati keindahan pantai yang terkenal dengan seruling samudranya ini. Bahkan, kencangnya embusan angin membuat dia dan rekan-rekannya waswas. ‘’Walaupun segar, tapi kalau kencang seperti ini takut juga,’’ ujarnya

Sejak tiba di pantai sekitar pukul 08.00 angin sudah bertiup kencang. Bahkan, semakin siang bertambah kencang. Kondisi itu juga dikhawatirkan wisatawan lain. Buktinya, hanya beberapa pengunjung yang nekat bermain air. Sebab, tak hanya angin, gelombang tinggi pun membahayakan. ‘’Ada orang yang agak ke tengah kira-kira tiga meter dari pantai sudah disemprit penjaga pantai diminta menepi,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana daerah (Pusdatin BPBD) Pacitan mencatat kecepatan angin sekitar 10 km/jam hingga 33 km/jam. Kondisi tersebut diprediksi bakal terjadi hingga dua hari ke depan. ‘’Kami harap warga atau wisatawan waspada,’’ kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Dianita Agustinawati.

Dampaknya, berkorelasi dengan gelombang tinggi di perairan Pacitan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mencatat gelombang tinggi bakal terjadi di Samudra Indonesia, termasuk wilayah laut Pacitan sekitar 2,5 hingga empat meter. Karena itu, pihaknya mengimbau para nelayan turut waspada bila melaut. ‘’Karena sudah masuk musim penghujan, kita juga imbau untuk waspada longsor,’’ pinta Dianita. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here