Anggota Sibuk Kampanye, Gedung Dewan Sepi

64

PACITAN – Memasuki masa kampanye Pemilu 2019, anggota DPRD Pacitan kian malas. Buktinya, gedung dewan sepi mamring. ‘’Dalam Pemilu 2019, posisi kami sebagai anggota DPRD dan caleg. Jadi, pintar bagi waktu antara melaksanakan kewajiban legislatif dan kampanye,’’ kata Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono kemarin (13/2).

Meski sebagian anggotanya sibuk kampanye untuk mempertahankan kursinya, Ronny mengklaim tak mengganggu kinerja sebagai legislator. Pasalnya, hingga memasuki 2019 ini pemkab juga belum memasukkan agenda kegiatan ke dewan. ‘’Dulu, awal 2018, memang sudah ada raperda yang masuk ke DPRD untuk dibahas. Tahun ini tidak ada,’’ ujarnya.

Meski demikian, awal Maret mendatang Ronny memastikan agenda mendengarkan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) bupati bakal digelar. Sesuai peraturan, para anggota dewan harus hadir minimal 50 persen plus satu.  Karena itu, dia berharap setiap fraksi terwakili untuk ikut paripurna. ‘’Saat ini yang kami laksanakan adalah reses dan menyerap aspirasi masyarakat,’’ tuturnya.

Ronny menambahkan, kunjungan kerja anggotanya kali ini dimanfaatkan untuk menyerap aspirasi. Hasilnya bakal diterjemahkan dalam pokok pikiran dewan untuk mengetahui realisasi kerja pemkab. Sehingga, saat LKPj pihaknya memiliki materi dasar. ‘’Memang mulai Maret nanti kita harus bisa membagi waktu,’’ jelasnya.

Kondisi gedung DPRD kemarin lengang. Hanya segelintir anggota dewan hilir mudik. Kondisi tersebut terjadi sejak beberapa pekan terakhir. Terutama memasukkan masa kampanye Pemilu 2019. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here