Anggaran Cupet, Puslatkab Persiapan Porprov Batal

30
LATIHAN: Cabor paralayang jadi salah satu andalan Pacitan dalam porprov bulan depan.

PACITAN – Jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim bulan depan, beberapa cabang olahragara (cabor) intens latihan. Tahun ini Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pacitan mengirimkan 13 dari 27 cabor yang dipertandingkan dan dilombakan. Pada porprov sebelumnya hanya mengirimkan tujuh cabor. ‘’Ini tanda ada perkembangan dari setiap cabor dalam menggembleng atlet mereka,’’ ujar Ketua Bidang Perencanaan Program dan Anggaran KONI Pacitan Giarno, Minggu (23/6).

Eam cabor baru yakni menembak, panahan, drumband, bulu tangkis serta paralayang dan tenis meja. Sebelumnya angkat besi, biliar, bridge, catur, gulat serta sepak takraw dan bola voli. Total 85 atlet dan 30 tim ofisial yang dikirim. ‘’Terbanyak dari cabor drumband dengan 24 atlet. Ini lantaran beregu,’’ terangnya.

KONI Pacitan hanya pasang target 20 besar. Dengan target perolehanya tiga emas, empat perak dan delapan perunggu. Namun, masing-masing cabor punya target berbeda. ‘’Beberapa cabang ada yang menonjol. Angkat besi, catur, bridge serta gulat, kami prediksi dapat hasil bagus,’’ tambahnya.

Cupetnya anggaran pembinaan jadi alasan minimnya target kali ini. Pasalnya, dari Rp 1,6 miliar yang diajukan untuk porprov, hanya disetujui separo. Anggaran sekitar Rp 800 juta membuat beberapa rencana kegiatan dibatalkan. Di antaranya pemusatan latihan kabupaten (pustalatkab). ‘’Kalau ada anggaran puslatkab, empat atau lima bulan sebelumnya sudah intens melakukan puslatkab. Tapi karena anggaran terbatas, kami batalkan,’’ sesalnya.

Terkait bonus atelet penerima medali. Pihaknya bakal mengatur anggaran untuk porsi tersebut. Meski begitu dia belum dapat memastikan besarannya. ‘’Bisa dikatakan anggaran hanya cukup untuk mengirim atlet dan bonus untuk reward,’’ ungkapnya.

Giarno berharap ada perhatian khusus dari Pemkab Pacitan pada bisang olahraga. Pasalnya persiapan dan latihan para altet tak mudah dan butuh perjuangan. Tentu dengan reward besar bakal mendongkrak semangat mereka guna meraih mendali untuk Pacitan. ‘’Dibandingkan dengan daerah lain kami masih jauh. Tapi kami harapkan prestasi tak kalah dengan daerah lain,’’ ucapnya. (gen/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here