Mejayan

Ambil Keseluruhan Dana Haji, Otomatis CJH Tercoret

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Niat ratusan calon jamaah haji (CJH) di Kabupaten Madiun untuk menunaikan ibadah rukun Islam kelima telanjur bulat. Mereka yang tahun ini batal berangkat ke Tanah Suci karena pandemi Covid-19, tetap mempertahankan dana haji. Baik dana pelunasan maupun pokoknya. ‘’Belum ada yang mengambil dana haji,’’ kata Kasi Pemberangkatan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Madiun Muhamat Basid.

Di Kabupaten Madiun, total 416 CJH batal naik haji tahun ini. Satu bulan terlewat sejak pengumuman pembatalan haji oleh pemerintah pusat. Meraka telah melunasi biaya haji Rp 37,5 juta. ‘’Boleh diambil, tapi harus melakukan pelunasan lagi tahun depan,’’ ujarnya.

Basid menjelaskan, jika hanya dana pelunasan, pengambilnya masih tercatat sebagai CJH tahun depan. Jika ditarik keseluruhan, otomatis tercoret. ‘’Jamaah tidak punya hak berangkat karena yang bersangkutan sudah tidak punya porsi,’’ terangnya.

Mengacu itu, Basid berharap tidak ada CJH yang menarik kembali dana haji. Kalaupun mendesak, lebih baik diambil hanya dana pelunasan. ‘’Karena masa tunggu keberangkatan haji saat ini sudah tembus puluhan tahun,’’ ungkapnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close