Aman, CJH Pacitan Negatif Hepatitis A

26

‘’Sangat bahaya kalau didengar Pemerintah Arab Saudi jika di Pacitan ada KLB dan ada CJH yang tertular.’’ Muhammad Nurul Huda (Kakan Kemenag Pacitan)

PACITAN – kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan mengklaim calon jamaah haji (CJH) setempat bebas dari penyakit hepatitis A. Itu sesuai hasil pemeriksaan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan. ‘’Setelah dilakukan pengecekan CJH di wilayah endemis Sudimoro, Ngadirojo, dan sekitarnya, hasilnya negatif,’’ kata Kepala Kantor Kemenag Pacitan Muhammad Nurul Huda Kamis (4/7).

Menurut dia, pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi. Sebab, jika ada CJH yang mengidap hepatitis A bakal berbuntut panjang. Tidak hanya berpotensi menularkan ke CJH lain, pemberangkatannya dari rombongan Pacitan bisa dibatalkan. ‘’Sangat bahaya kalau didengar Pemerintah Arab Saudi jika di Pacitan ada KLB dan ada CJH yang tertular,’’ ungkapnya.

Meski begitu, CJH asal daerah endemis hepatitis A tidak divaksinasi. Mereka diminta menjaga kesehatan agar tidak tertular. Baik kontak dengan penderita hingga membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Mereka selalu mendapat pengawasan melalui konsultasi kesehatan rutin. Sebab, pemberian vaksin sudah terlambat. Lantaran masa kerja vaksin sebulan berikutnya. ‘’Seharusnya sejak sebulan lalu,’’ ujarnya.

Huda menambahkan, pemberangkatan CJH Pacitan maju dari jadwal semula. Jamaah berkumpul di Pendopo Pacitan pukul 22.30 Jumat (5/7). Maju sehari dari jadwal sebelumnya, pukul 02.30 Sabtu (6/7). CJH diberangkatkan antara pukul 01.00 dan 02.00 Sabtu (6/7). Usai salat Subuh di Ponorogo mereka diberangkatkan menuju Asrama Haji Surabaya. Diperkirakan CJH tiba sekitar pukul 11.00. ‘’Mereka bergabung dengan CJH asal Kota Madiun dan Surabaya,’’ terangnya.

Jumlah CJH asal Pacitan 197 orang. Untuk CJH asal wilayah endemis Sudimoro dan Ngadirojo masing-masing 2 orang dan 20 orang. Terbanyak dari Kecamatan Pacitan 111 orang. Sedangkan CJH tertua berasal dari Sudimoro atas nama Joyo Semito Paijo asal Dusun Bandu, Desa Karangmulyo. Usianya 89 tahun. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here