Alun-alun Magetan Diusulkan Dinamai Tokoh Pahlawan

41
PUSAT KOTA: Alun-alun Magetan diusulkan untuk dinamai dengan tokoh pahlawan.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Nama sejumlah tokoh pahlawan dirumorkan cocok untuk image alun-alun Magetan. Seperti halnya di berbagai daerah lain, atau cukup menamainya dengan Raden Tumenggung Yosonegoro (bupati pertama Magetan) maupun Ki Mageti. ‘’Kalau ada yang usul ya monggo saja,’’ kata Bupati Magetan Suprawoto Minggu (18/8).

Wacana penamaan alun-alun itu muncul seiring dimulainya proyek revitalisasi pusat keramaian masyarakat tersebut. Berbagai spekulasi sempat muncul ke permukaan terkait perubahan nama alun-alun Magetan. Meski begitu, Suprawoto belum memutuskan. ‘’Sementara (namanya) masih alun-alun Magetan,’’ ujarnya.

Namun, masyarakat sepertinya diprediksi bakal lebih sering menyebut nama alun-alun sebagai Lapangan Pancasila. Itu menyusul rencana dipindahkannya Tugu Pancasila yang berada di sisi barat alun-alun ke selatan atau dekat dengan pohon beringin. Di situ nantinya juga dipasang lampu akrilik bertuliskan Lapangan Pancasila.

Suprawoto mengungkapkan bahwa keputusan itu sengaja ditempuh supaya masyakarat bisa terus mengingat bahwa Pancasila adalah dasar negara Indonesia. ‘’Sekarang ini sepertinya masyarakat alergi mengatakan Pancasila. Alangkah baiknya jika lapangan ini nanti dinamai Lapangan Pancasila,’’ tutur mantan sekjen Kementerian Kominfo tersebut.

Kendati demikian, proyek itu belum tahu pasti bakal berjalan. Karena revitalisasi alun-alun dilakukan secara bertahap. Pada tahun ini pemkab hanya mengalokasikan Rp 1,5 miliar untuk proyek pembangunan toilet tanam dan pembongkaran panggung teater. ‘’Di sana akan dibangun tempat bermain anak yang ramah anak. Jadi, kalau jatuh tidak akan sakit,’’ terang bupati yang akrab disapa Kang Woto itu.

Menurutnya, konsep revitalisasi alun-alun Magetan nanti dijadikan sebagai tempat kumpul dan bersantai bagi masyarakat. Juga, ramah bagi anak. ‘’Harus dirawat betul-betul. Tempat ini benar-benar untuk bersantai,’’ ucap Kang Woto. (bel/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here