Magetan

Alat PCR Datang, Laboratorium Belum Siap

Donasi Pemerintah Korea Selatan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – RSUD dr Sayidiman, Magetan, menerima bantuan satu unit alat uji polymerase chain reaction (PCR) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Alat pengetesan Covid-19 itu donasi Pemerintah Korea Selatan. ‘’Magetan adalah salah satu dari tujuh kota dan kabupaten yang menerima,’’ kata Bupati Magetan Suprawoto.

Kang Woto, sapaan akrab bupati, berharap deteksi penularan Covid-19 bisa lebih cepat. Sebab, uji swab tidak perlu dikirim ke Surabaya. Selama ini pihaknya menunggu lama keluarnya hasil sampel lendir atau tenggorokan ratusan pasien suspect. ‘’Alat PCR juga bisa digunakan pascapandemi dan memeriksa virus lainnya,’’ ujarnya.

Sayangnya, PCR belum bisa seketika dioperasionalkan. RSUD dr Sayidiman perlu menyiapkan laboratorium khusus. Bupati pasang target bisa diselesaikan dalam sebulan. ‘’Perlu tempat khusus. Kalau tidak standar, bahaya,’’ ucapnya.

Kang Woto menambahkan, pihaknya telah bertemu Duta Besar Korea Selatan Kim Changbeom. Membahas syarat lokasi laboratorium dan lainnya. ‘’Laboratorium juga perlu dimintakan izin Kementerian Kesehatan sebelum bisa digunakan,’’ tuturnya. (odi/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close