Ngawi

Aktivitas Arif Gudin sebagai Sopir Truk Tangki Air Bersih ketika Musim Kemarau

Kerja Arif Gudin sebagai sopir truk tangki terasa berat saat masuk musim kemarau. Hampir setiap hari dia pontang-panting membantu proses pendistribusian air bersih BPBD Ngawi. Banyak pengalaman yang dialami pria 26 tahun itu selama menjalankan tugasnya tersebut.

=========================

SUGENG DWI, Ngawi, Jawa Pos Radar Ngawi

JALAN di Desa Pandean, Kecamatan Karanganyar, tidak begitu mulus. Banyak lubang jalan yang menganga. Namun, itu bukan menjadi hambatan bagi Arif Gudin. Dia mengaku hafal betul jalan yang dilaluinya tersebut.

Sekalipun saat itu dirinya sedang dalam posisi mengemudikan truk tangki dengan muatan 8 ribu liter air bersih. ‘’Dalam sehari bisa 3–4 kali bolak-balik mengambil air di Desa Gentong, Paron, dan mengirimkannya ke warga yang membutuhkan,’’ katanya Senin (11/11).

Warga Dusun Blego, Desa Ngale, Kecamatan Paron, itu mengaku masih banyak pengalaman lain yang didapatnya saat mengirim bantuan air bersih ke warga. Seperti mendistribusikannya sampai daerah perbatasan. Padahal, kondisi jalan rusak dan curam. Namun, dia merasa senang dengan aktivitasnya tersebut. ‘’Ada kepuasan batin bisa membantu walaupun hanya mengantarkan,’’ ujar Arif.

Sebagai sopir tangki air bersih, Arif mengaku lumrah jika setiap musim kemarau proses pengambilan air di sumber PDAM harus antre panjang sampai 4 jam. ‘’Ini saja datang sekitar pukul 09.00, tapi sampai pukul 11.30 baru bisa isi tangki,’’ ungkap pria 26 tahun itu.

Waktu jeda hampir empat jam itu biasa dimanfaatkan Arif untuk beristirahat. Karena biasanya proses pendistribusian air bersih bisa sampai malam. ‘’Saya atur jadwal saya, dua hari kerja dua hari istirahat, kalau nggak seperti itu bisa jatuh sakit nanti,’’ terangnya.

Tapi, sebentar lagi aktivitas yang biasa dijalani Arif tersebut segera berakhir. Karena belum lama ini hujan mulai turun. Meksipun intensitasnya ringan dan belum merata. Kalau sudah seperti itu, dia mengaku kembali ke pekerjaan utamanya sebagai sopir truk tangki pengisi air isi ulang. ‘’Semoga saja tahun depan musim kemaraunya tidak separah seperti sekarang,’’ harapnya.  ****(her/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close