Aksi Sekcam Pacitan Dikecam Ketua Dewan

219

PACITAN – Aksi Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Pacitan Bagus Nurcahyadi di Puskesmas Tanjungsari direaksi Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono.

Dia sangat menyayangkan kejadian di depan publik menjelang jam pelayanan tersebut. ‘’Seharusnya tidak menyalahkan satu sama lain, tapi bagaimana kita bekerja bersama-sama,’’ katanya kemarin (4/2).

Menurut Ronny, semestinya kedua pihak saling sokong dalam mencegah serangan DBD yang kini meningkat pesat di Pacitan. Pasalnya, PSN tak dapat dilakukan sekali dua kali. Bahkan fogging pun butuh dua kali di lokasi yang sama. ‘’Intinya tidak ada yang sempurna dan harus ada kerja sama tim,’’ tegasnya.

Tak hanya fogging, sosialisasi pun mesti dilakukan kedua pihak. Penyuluhan jentik serta sosialisasi PSN diakui lebih berfaedah ketimbang saling tuduh. Pun tingginya kesadaran masyarakat dalam gerakan PSN bakal menekan serbuan DBD di Pacitan. ‘’Karena mencegah lebih baik daripada mengobati,’’ ujar Ronny.

Dia menambahkan, meningkatnya serangan DBD awal tahun ini juga jadi atensi DPRD. Resep jitu mencegah serangan nyamuk Aedes aegypti diharapkan mampu disusun pemkab setempat. Terkait kebijakan penambahan anggaran, dewan setuju lantaran serangan DBD memang kian marak. ‘’Kami akan lihat situasinya, bila hasil penelitian di lapangan dari dinkes butuh tambahan anggaran, tentu akan kami perjuangkan dan support,’’ janjinya.

Sementara itu, serangan DBD sepanjang Januari lalu mencapai 167 kasus. Mayoritas terjadi di wilayah Kecamatan Pacitan (kota). Anomali cuaca dituding dinkes jadi biang merebaknya DBD. Pun kondisi vegetasi di Pacitan yang didominasi semak dan bangunan turut mendongkrak kasus penyakit tersebut. Dinkes memastikan hingga kini tak didapati pasien meninggal dunia akibat serangan DBD. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here