Ponorogo

Akses Jalan Jingglong Terkikis Arus Sungai

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Aktivitas warga Dukuh Jingglong, Desa/Kecamatan Sawoo, terganggu. Pasalnya, akses jalan antardukuh setempat terputus total akibat erosi Selasa sore (3/3). Kemarin warga kerja bakti membuat bronjong untuk menekan potensi erosi susulan. Mengingat air sungai masih mungkin kembali meluap ketika hujan lebat. ‘’Ini paling parah,’’ kata Jiono, warga setempat.

Panjang jalan yang terkikis habis sekitar dua meter. Jalan rabat selebar tiga meter itu jadi akses utama warga Jingglong dan sekitarnya. Total enam kepala keluarga (KK) dukuh setempat paling terdampak. Untuk menuju pusat desa, mereka harus memutar lewat jalur alternatif. ‘’Kalau membawa hasil pertanian atau ke pasar lewat sini. Kegiatan ekonomi masyarakat terkendala,’’ ujarnya.

Menurut Jiono, sungai besar persis di sisi jalan rabat itu sudah lama mengikis tebing. Namun, erosi kemarin paling parah. Bronjong yang dibangun swadaya warga pun rusak. Kemarin warga berusaha membangun ulang bronjong. ‘’Kami berharap ada tindakan dari pemerintah. Di sini juga ada tempat ibadah persis di sebelah jalan yang mungkin bisa terkena erosi,’’ tutur Jiono.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo langsung meninjau lokasi. Mereka menyebut erosi disebabkan debit air yang meningkat setelah wilayah Sawoo diguyur hujan dengan intensitas tinggi hari itu. ‘’Warga butuh pembangunan kembali jalan dan bantuan sembako. Sementara warga harus melalui jalan alternatif yang hanya cukup dilalui roda dua,’’ kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close