Akrab sejak Remaja, Sukardi dan Joko Driyono Sudah seperti Saudara

91

Sukardi mengenal betul karakter dan kepribadian Joko Driyono. Maklum, dia sudah bersahabat dengan pria yang kini menjabat Plt ketum PSSI itu sejak masih remaja. Bahkan, kedekatan keduanya sudah seperti saudara kandung.

——————-

LANGKAH kaki Sukardi kini tidak segesit biasanya. Maklum, dia baru saja sembuh dari gejala stroke ringan yang dideritanya. Tapi, saat diminta menunjukkan foto kenangan bersama Joko Driyono (Jokdri), karibnya yang kini menjabat pelaksana tugas (Plt) ketua Umum PSSI, Sukardi langsung bergegas. Sembari berusaha mencari pegangan, dia berjalan menuju sebuah foto yang terpajang pada dinding ruang tamu rumahnya.

Tampak dalam foto itu Sukardi bersama Jokdri dan dua orang rekannya yang lain. Mereka tampak sedang bersantai di sebuah lokasi berlatar belakang sebuah telaga. ‘’Ini foto pas Lebaran lalu. Waktu makan-makan di rumah apung Waduk Pondok,’’ kenang Sukardi.

Kedekatan Sukardi dan Jokdri sudah seperti saudara sekandung. Biasanya setiap Lebaran saat mudik ke Ngawi, si sobat selalu menyempatkan mengunjungi Sukardi di Dusun Ngronggi, Desa Grudo, Ngawi.

Perkenalan kedua orang itu bermula saat Sukardi bekerja di rumah dinas bupati Ngawi yang kala itu masih dijabat Panoedjoe pada 1983 silam. ‘’Kebetulan bapaknya Joko sangat dekat dengan Bupati Panoedjoe, jadi sering tinggal bareng di rumah Pak Bupati waktu itu,’’ ungkapnya.

Masa itu Sukardi dan Jokdri sama-sama hobi main bola. Hanya, keduanya berada di klub berbeda. Sukardi bermain untuk klub Widya Putra, sedangkan Jokdri membela Benteng Putra. Pun, keduanya saling menganggap sebagai musuh saat mengikuti kompetisi sepak bola amatir di Ngawi kala itu.

Namun, permusuhan tersebut hanya berlaku saat bertanding di lapangan. Di luar itu, kedekatan Sukardi dan Jokdri sudah layaknya kakak dan adik. ‘’Waktu dia melanjutkan pendidikan setelah SMA (kuliah, Red), kami mulai jarang bertemu,’’ sebut pria 62 tahun ini.

Kedekatan keduanya kembali terjalin lima tahun lalu. Meski dipisahkan jarak ratusan kilometer, komunikasi antara Sukardi dan Jokdri cukup intens. ‘’Terutama soal sepak bola di Ngawi,’’ terang pria yang bertugas di bagian perlengkapan Persinga ini.

Di mata Sukardi, Jokdri merupakan sosok yang benar-benar menggilai sepak bola. Karena itu, dinilai tepat menjabat Plt ketua umum PSSI. ‘’Tapi, kalau cita-citanya dulu apakah ingin jadi pemain bola atau pengurus PSSI, saya kurang tahu,’’ ucap Sukardi.

‘’Joko orangnya juga lurus. Dia sama sekali tidak mau kalau dimintai bantuan oleh klub yang ingin maju secara instan,’’ imbuh pensiunan pegawai di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Ngawi ini. ***(latiful habibi/isd/c1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here