Akhirnya Dinda Bisa Kembali ke Sekolah

133

MAGETAN – Keceriaan terpancar dari wajah Dinda Putri Aprilia. Ya, bocah tujuh tahun penderita lumpuh layuh asal Desa Bogorejo, Barat, Magetan, itu bisa bersekolah lagi. Itu setelah simpati berdatangan dari sejumlah pihak. Uluran tangan tersebut membuat semangat anak yatim itu untuk meraih cita-citanya jadi dokter bersemi kembali.

Tidak hanya terkendala fisik yang tidak normal, kondisi ekonomi keluarga Dinda pun memprihatinkan. Sehingga dia harus putus sekolah. Namun, dengan adanya berbagai donasi yang diterimanya, Dinda bisa mengenyam bangku pendidikan lagi. Pemkab Magetan pun turut bersimpati atas derita Dinda yang lumpuh layuh sejak usia delapan bulan itu.

Di antaranya dinas pedidikan pemuda dan olahraga (dispora) setempat. OPD ini bakal terus mengawal pendidikan Dinda ke depan. Mengingat gadis kecil ini harus mendapatkan pendidikan yang layak seperti bocah normal. ‘’Akan kami pantau, statusnya masih titipan karena belum berusia delapan tahun,’’ kata Kepala Dispora Magetan Joko Santoso kemarin (21/1).

Joko juga menjanjikan, pihaknya bakal menanggung biaya pendidikan Dinda selama menempuh wajib belajar sembilan tahun. Sementara itu Dinda mulai sekolah di SDN 2 Bogorejo, Barat, Senin kemarin (21/1). Dia pun tak canggung berbaur dengan teman-teman sekelasnya meskipun harus duduk di kursi roda saat pelajaran di kelasnya.

Sebelumnya dinas sosial (dinsos) mengirimkan kursi roda yang sudah dimodifikasi sesuai dengan kondisi Dinda. Dinsos juga akan mendaftarkan keluarga Dinda untuk mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial. Sehingga, Suminah, ibunya, bisa mendapatkan haknya.

Saat ini Dinda tinggal bersama ibu dan kakak kandungnya yang hidup dalam keterbatasan ekonomi. Sehingga, tidak bisa membiayai sekolah serta pengobatannya. Berbagai donasi dari pemerintah dan masyarakat membuat Suminah yang juga sakit-sakitan sangat terbantu. Selain anaknya bisa sekolah, keluarganya juga mendapat jaminan kesehatan. (mgc/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here