Ajukan Proposal Dulu, Ditangani Kemudian

86

PACITAN – Hingga kemarin (10/3), warga Dusun Tosari, Kemuning, Tegalombo, pacitan masih terisolasi. Sebab Jembatan Tosari, yang merupakan akses warga setempat, belum ditangani setelah putus diterjang banjir Rabu (6/3) pekan lalu. Bahkan penanganan darurat sekali pun. ‘’Kemarin baru ditinjau petugas dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR),’’ kata Kepala Dusun Tosari Suharno.

Hasil tinjauan, lanjut Suharno, pihaknya diminta mengajukan proposal. Itu pun sekadar untuk penanganan darurat. Yakni untuk mendapatkan tambahan sling baja dari DPUPR Pacitan. Sedangkan perbaikan bagian jembatan lain yang rusak, Suharno hanya bisa angkat bahu. ‘’Mungkin nanti pakai deling (bambu) yang dinam (dianyam),’’ ujarnya.

Proposal tersebut harus ditandatangani camat kemudian dikirimkan ke Pacitan (DPUPR) hari ini (11/3). Harapannya pada hari yang sama tambahan sling bisa didapat. Sembari menunggu bantuan tersebut, warga mulai menyicil membongkar konstruksi jembatan yang tersisa. ‘’Kemungkinan nanti (bangunan jembatan, Red.) sama seperti dulu,’’ jelasnya.

Menurut Suharno, dampak putusnya Jembatan Tosari mengakibatkan sejumlah pelajar tdak bisa sekolah. Sebab, sekolah mereka di seberang sungai. Sehingga, warga berinisiatif membuat perahu penyeberangan dari ban bekas. ‘’Jadi diseberangkan satu-satu. Kebetulan juga air sudah mulai surut,’’ tuturnya.

Pasca putusnya Jembatan Tosari warga setempat juga berinisiatif membuat jembatan darurat ala kadarnya. Bambu diikat dan disusun untuk titian. Memang berbahaya. Tapi tidak ada pilihan lain. ‘’Karena air sudah surut jadi tidak bisa pakai perahu ban lagi,’’ bebernya.

Terpisah Kepala DPUPR Pacitan Budiyanto masih akan merencanakan penanganan kedaruratan Jembatan Tosari. Dia belum bisa memberi gambaran pasti perihal penanganan tersebut. Hanya, dia menyebut Jembatan Tosari bakal dikembalikan ke fungsinya semula. ‘’Supaya akses tidak putus,’’ tuturnya sembari menambahkan belum bisa memberi keterangan lebih banyak lantaran masih dalam perjalanan. (odi/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here