Air Surut, Sampah Bermunculan Penuhi Tepian Telaga Wahyu

123
BERCECERAN: Sampah yang didominasi plastik berserakan di tepian Telaga Wahyu.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Problem sampah ternyata juga dialami Telaga Wahyu. Saat air surut seperti sekarang, sampah-sampah berserakan di pinggir telaga tersebut. Sayang, sejauh ini persoalan tersebut belum tertangani lantaran pemkab masih fokus menangani sampah di Telaga Sarangan.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Venly Tomi Nicholas menduga sampah di Telaga Wahyu tidak sebanyak Sarangan. Pun, akibat ulah sebagian pengunjung yang tak disiplin membuang sampah pada tempatnya. ‘’Sudah lama seperti itu (ada sampah, Red), jadi bukan akhir-akhir ini saja,’’ ujarnya Rabu (11/9).

Diakuinya, saat air surut seperti sekarang merupakan waktu yang tepat untuk bersih-bersih sampah di telaga. Namun, pembersihan hanya menjangkau bibir telaga. ‘’Kalau yang di tengah sebagian sudah tenggelam,’’ kata Venly sembari menyebut sampah di telaga mayoritas jenis plastik.

Dia menampik keberadaan warung di sekitar telaga ikut menjadi biang maraknya sampah. Pasalnya, di tempat-tempat makan tepian telaga telah disediakan tempat sampah. Pun, ada petugas yang rutin mengangkutnya. ‘’Faktor utama ya terkait kesadaran pengunjung,’’ sebutnya. (fat/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here