Air Bersih Bantuan Polres Ngawi Diserbu Warga

28
LANGKA: Warga Dusun Nampel, Kerek, menyerbu bantuan air bersih kiriman dari Polres Ngawi.

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Puluhan warga Dusun Nampel, Desa Kerek,  Kamis (12/9) memadati halaman sebuah masjid dusun setempat. Sembari menenteng ember dan jeriken, mereka berebut air bersih bantuan Polres Ngawi.

”Sudah dua bulan lebih sulit mendapatkan air,” kata Endang, salah seorang warga.

Menurut Endang, krisis air bersih selalu terjadi di dusunnya saban musim kemarau. Itu tidak terlepas dari kondisi tanahnya yang banyak unsur bebatuan dan tandus. ”Banyak sumur yang kering. Cari air untuk mandi, cuci, dan masak susah,” ungkapnya.

Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, Endang maupun warga lainnya harus berburu air hingga desa tetangga. Pasalnya, bantuan air bersih hanya datang seminggu sekali. Pun, hanya bertahan dua hingga tiga hari. ”Kadang untuk minum saya beli yang air isi ulang,” sebutnya.

Endang menambahkan, krisis air bersih memaksa sebagian warga mandi dan mencuci pakaian di Bengawan Solo. Meski airnya keruh, mereka mengabaikannya. ‘’Khawatir juga menimbulkan gatal-gatal,” ujarnya sembari menyebut sumur-sumur sibel di dusunnya kini juga mengering.

Kapolres Ngawi AKBP Pranatal Hutajulu mengatakan bahwa bantuan air bersih yang disalurkan ke Desa Kerek kemarin sebanyak dua tangki. Pun, kelak menyasar sejumlah desa lain yang juga mengalami kekeringan. ”Semoga meringankan beban warga memenuhi kebutuhan air bersih,” ucapnya. (gen/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here