Ponorogo

Adu Visi Misi di Bulan Suci, Kampanye Pilkades Berakhir Besok

PONOROGO – Pangkal demokrasi negara berawal dari desa. Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak semakin dekat. Berbagai tahapan dan persiapan tengah dilakukan 198 desa yang bakal menggelar pilkades Senin (20/5) mendatang. Masing-masing calon kepala desa (cakades) tengah menjalani masa kampanye yang dijadwalkan tiga hari mulai 14-16 Mei. Salah satu bentuk kampanye adalah menggelar pemaparan visi misi cakades.

Di Desa Gontor, Mlarak, Ponorogo misalnya, dua calon kepala desa (cakades) telah beradu visi misi, Selasa malam (14/5). Keduanya berebut simpatik lewat pemaparan berdurasikan sepuluh menitan. ‘’Kami jalankan tahapan sesuai petunjuk yang ada,’’ tukas Ketua Panitia Pilkades Desa Gontor, Mlarak, Samuri.

Cakades nomor urut 01 Agung Prihandoko mengajak warga memperbaiki sistem pemerintahan desa. Tak kalah serunya, cakades nomor urut 02 Firdaus Ilham Astria juga mengajak warga membangun desa. Dia menjanjikan pembenahan sistem pemerintahan desa. Pemaparan visi misi itu disambut riuh tepuk tangan dari masing-masing pendukung. ‘’Pemaparan visi-misi ini bagian dari demokrasi yang harus dijalani,’’ tegas Samuri.

Samuri menegaskan telah meminta kesepakatan dari kedua cakades untuk tidak melanggar setiap tata tertib pilkades. Ketentuan ini juga diberlakukan bagi pendukung masing-masing calon. Pilkades Gontor diikuti 1.898 daftar pemilih tetap (DPT) dari dua dusun setempat. ‘’Semoga bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan,’’ tuturnya.

Di Desa Nglurup, Kecamatan Sampung pemaparan visi misi dilaksanakan hari ini (16/5). Ada tiga cakades yang melenggang dalam bursa pemilihan bagi 1.921 DPT dari tiga dusun. ‘’Sejauh ini seluruh tahapan berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada,’’ kata Sekretaris Panitia Pilkades Nglurup, Sampung, Budi Setiono.

Mengantisipasi kecurangan, panitia pilkades bekerjasama dengan pengawas di tingkat kecamatan. Terdiri dari tim kecamatan, polsek, dan koramil setempat. Pihaknya berharap pergelaran pilkades di bulan suci ini tetap terkendali. ‘’Semoga pilkades berjalan dengan damai,’’ harap Budi. (mg7/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close