Adhin Setya Mahardika Berkibar dengan Usaha Servis Gitar

96

Hobi bermain musik dan mengutak-atik sesuatu membawa Adhin Setya Mahardika mendapatkan pundi-pundi rupiah.  Jasa servis gitarnya terus berkembang hingga mendapat klien dari berbagai daerah.

RUANGAN bengkel milik Adhin Setya Mahardika itu tampak dipenuhi gitar. Baik jenis akustik maupun elektrik. Sebagian kondisinya terlihat tidak normal. Ada yang neck-nya melengkung, senar kendor, hingga bridge yang njepat. Ada pula gitar yang berdebu karena lama tak digunakan. ‘’Maaf, agak berantakan ruangannya,’’ ujar Adhin sambil tersenyum kecil.

Adhin bisa dibilang dokternya gitar. Berbagai ‘’penyakit’’ jenis alat musik petik itu mampu diatasinya. Namun, baginya yang paling sulit adalah memperbaiki tremolo yang rusak. ‘’Seperti yang di kotak itu,’’ ujarnya sembari jarinya menunjuk sebuah wadah barang ekspedisi.

Adhin membuka usaha reparasi gitar sejak empat tahun lalu, selepas lulus SMA. Awalnya dia hanya menggunakan peralatan sederhana dan kebanyakan masih manual. Seiring berjalannya waktu, Adhin mampu membeli peranti yang lebih modern. ‘’Yang terbaru alat stem otomatis ini. Bisa memutar senar sekaligus menentukan nadanya,” katanya.

Dua tahun lalu, seiring bertambahnya peralatan, Adhin mulai getol promosi di media sosial (medsos). Selain itu, dia rajin membuat video tutorial, kemudian diunggah ke YouTube. Sejak itulah order servis gitar mengalir deras. Kliennya berasal dari wilayah Madiun Raya hingga luar pulau. ‘’Paling jauh Aceh. Dari Palu dan NTT juga pernah,” ungkapnya.

Warga Desa Jatisari, Geger, Kabupaten Madiun, itu memasang tarif bervariasi, menyesuaikan jenis kerusakannya. ‘’Paling murah sekitar Rp 250 ribu. Kalau termahal Rp 1 juta. Soalnya, kadang yang butuh diperbaiki tak hanya satu bagian,” ujar Adhin.

Selain reparasi gitar, sulung dari dua bersaudara itu sering nge-job freelance. Event pelat merah kerap jadi panggungnya untuk memamerkan skill-nya bermusik. ”Tapi, sekarang cuma hari Minggu dan pas malam saja bisanya,” sebutnya. ****(isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here