Addin: 2020 Pedagang Bisa Kembali Berjualan di Pasar Legi

77

PONOROGO – Januari bakal menjadi bulan tersibuk bagi Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdakum) Ponorogo. Molornya masa relokasi hingga dua kali membuat lelang pembangunan Pasar Legi Songgolangit semakin sempit.

Instruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tak bisa ditawar. Lelang pembangunan yang didanai pusat itu juga harus dimulai bulan pertama awal tahun depan. Sebab, megaproyek Rp 244 miliar itu harus diselesaikan dalam satu tahun anggaran (single year). ‘’Lelang direncanakan Januari 2019. Satu tahun selesai, 2020 pedagang bisa kembali berjualan di Pasar Legi,’’ kata Kepala Disperdakum Ponorogo Addin Andanawarih kemarin (26/12).

Arahan itu disampaikan Addin di sela menghadiri rapat pembangunan Pasar Legi Songgolangit di Jakarta bersama Wabup Soedjarno. Kementerian yang digawangi Basuki Hadimuljono itu menyatakan segera melaksanakan pembangunan pasar yang terbakar pada Mei 2017 lalu itu. Hingga pukul 14.00 kemarin, Addin menyebut rapat di Kementerian PUPR belum rampung. Januari, lanjut dia, ditargetkan sudah memasuki lelang di kementerian. Karenanya, relokasi harus segera dilaksanakan begitu provisional hand over (PHO) atau serah terima pekerjaan dilaksanakan. PHO sendiri ditargetkan 29—30 Desember, akhir pekan ini. ‘’Relokasi (harus) selesai Januari 2019,’’ tegas Addin.

Kabid Penataan Pasar Disperdakum Fitri Nurcahyo mengatakan, pengkavlingan pasar sementara mulai dilaksanakan kemarin hingga tiga hari ke depan. Demi mengejar target boyongan 1.992 pedagang dari tiga simpul pasar. ‘’Nanti akan disesuaikan jenis dagangan para pedagang. Busana, sayur mayur, atau daging, ada zonanya tersendiri,’’ katanya.

Fitri menambahkan, los 1, 2, dan 3 nantinya diperuntukkan khusus pedagang dari Pasar Legi. Sementara los 4 digunakan pedagang dari eks pengadilan dan stasiun. Fitri menyebut, pihaknya turut melibatkan berbagai pihak dalam proses pengkavlingan tersebut. Mulai petugas-petugas dari UPT Pasar Legi serta perwakilan paguyuban dan perhimpunan dari tiga simpul pasar. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here