Magetan

Ada-Ada Saja, Orang Ini Bawa Jimat saat Tes CPNS

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Di zaman modern yang serbacanggih, masih ada juga orang yang percaya jimat. Hal itu ditemukan oleh panselda CPNS 2019 Pemkab Magetan Selasa (4/2). Saat dilakukan pemeriksaan barang bawaan, ada seorang peserta yang membawa benda aneh di dalam saku celana kain hitamnya.

Benda itu terbungkus dalam kantong hitam kecil. Yang bersangkutan mengaku bahwa benda tersebut sebagai jimat. Dia berharap jimat itu bisa membawa keberuntungan ketika mengerjakan soal-soal tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem CAT.

Peserta sempat memohon kepada panselda agar jimatnya itu diloloskan pemeriksaan barang bawaan. Namun, permohonan tersebut ditolak. Panselda hanya membolehkan peserta membawa pensil ke dalam ruang tes.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Magetan Masruri membenarkan temuan tersebut. Usaha sejumlah peserta membawa jimat semuanya sia-sia. Mereka memang tetap boleh mengikuti tes. Namun, pihaknya tetap mengamankan jimat berupa bungkusan hitam kecil tersebut. ‘’Benda apa pun yang tidak berkaitan dengan keperluan ujian tidak boleh dibawa masuk ke ruang ujian. Sehingga, para peserta harus menitipkannya pada panitia. Bisa diambil ketika ujian sudah selesai,’’ tegasnya.

Masruri mengaku tak habis percaya dengan temuan tersebut. Padahal, menurutnya, hal-hal semacam itu tidak akan memengaruhi hasil tes. Sebaliknya, dia meminta peserta untuk percaya pada kemampuan masing-masing dalam mengerjakan soal. ‘’Ya, ketemunya sebagian kecil saja,’’ ujarnya. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close