AdvertorialMadiun

ACT Madiun Sebagai Wadah Masyarakat Lebih Dekat dengan Kemanusiaan

MADIUN – Terbentuk tahun 2005, Aksi Cepat Tanggap atau ACT merupakan yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan. ACT mengembangkan aktivitasnya mulai dari kegiatan tanggap darurat, pemulihan pascabencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, hingga program berbasis spiritual seperti qurban, zakat dan wakaf.

Berbagai kegiatan tersebut menuntut ACT berkembang dan bertransformasi agar bisa mewadahi seluruh bantuan yang berasal dari seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pada 3 September 2019 berdirilah ACT di Madiun. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam berkegiatan di bidang kemanusiaan.

“ACT Madiun sendiri didirikan karena banyak masyarakat di Karesidenan Madiun yang butuh bantuan. Di sisi lain juga ada potensi para dermawan yang ingin menyalurkan bantuannya. Jadi kami hadir sebagai panjang tangan untuk keduanya,” jelas Wahyu SP selaku Kepala Cabang ACT Madiun.

Sudah berdiri selama 11 bulan, berbagai program telah dilaksanakan hampir di beberapa daerah di Karesidenan Madiun yang meliputi Kota dan Kab. Madiun, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Ponorogo, Pacitan dan Trenggalek. Program yang sudah dilaksanakan menyasar berbagai bidang, diantaranya sumur wakaf, distribusi air bersih, Berisi (Beras untuk Santri Indonesia), Sahabat Guru Indonesia, Sahabat Keluarga Prasejahtera Indonesia, Aksi Bersama Lawan Corona, food van ifthar, Sahabat UMI, pembagian qurban, dan 100 rumah baca.

Berlokasi di Jalan Thamrin no. 95, Kelurahan Kelegen, Kota Madiun, ACT Madiun setiap harinya bisa menerima berbagai donasi baik tunai maupun barang dari masyarakat. Dalam pendistribusiannya, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Madiun pelaksanaannya dibantu oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), yang merupakan relawan yang berasal dari masyarakat umum.

Ke depannya ACT Madiun berkomitmen untuk berkolaborasi dengan masyarakat dalam mengimplementasikan berbagai program demi kebaikan dan kamajuan masyarakat tertinggal. (don/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close