AdvertorialMagetan

Abror Rizki-Siswo Widodo Bagi Pengalaman Fotografi

WARTAWAN KIRI, HUMAS KANAN

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Kemampuan fotografi aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Magetan dipertajam lewat workshop fotografi yang diselenggarakan mulai 5-6 November. Menghadirkan Abror Rizki, fotografer kepresidenan era Susilo Bambang Yudhoyono dan Siswo Widodo, wartawan senior kantor berita nasional Antara.

Abror Rizki mengisahkan banyak keuntungan yang didapat selama menjadi fotografer pribadi Presiden SBY. Salah satunya, mengetahui detail acara kepresidenan, sehari sebelum pelaksanaan. Sehingga tahu apa yang harus dipersiapkan untuk kerja dokumentasi tersebut. Semuanya harus terkonsep dengan matang. Berbeda dengan wartawan. Yang terbiasa mengambil foto secara on the spot, apa yang ada di lapangan, itu yang difoto. ‘’Posisi mana yang terbaik. Jika wartawan sebelah kiri, humas di sebelah kanan. Tapi, harus koordinasi juga dengan protokoler,’’ urainya.

Sekda Magetan Bambang Trianto berharap pasca pelatihan seluruh peserta bisa mengimplementasikannya dalam bertugas. Dari situlah keberhasilan workshop bertajuk transparansi melalui seni fotografi itu bisa dinilai. Jika setelah pelatihan tak diterapkan, sama juga bohong. ‘’Mereka juga harus menularkan ilmunya kepada ASN lain. Berbagi ilmu tidak akan membuat ilmu itu hilang, malah berkembang,’’ terangnya.

Plt Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Magetan Masruri mengatakan, setiap OPD memiliki ASN yang bertugas di bidang kehumasan. Mereka harus mempublikasikan kegiatan OPD yang bersangkutan kepada masyarakat. Foto yang disajikan itu haruslah berbicara, meski tanpa disertai narasi. Sebab, masyarakat akan lebih tertarik melihat foto ketimbang membaca tulisan. ‘’Supaya kegiatan di OPD-OPD itu mendapatkan atensi dari masyarakat,’’ pungkasnya. (humpro/bel/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close