Ponorogo

88 Anak Nakes di Ponorogo Bebas Pilih SMPN Sederajat

Apresiasi untuk Garda Terdepan Perang Melawan Korona

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Para tenaga kesehatan (nakes) yang terlibat dalam penanganan Covid-19 di Ponorogo mendapat apresiasi. Sedikitnya 36 anak mereka bebas memilih sekolah dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP tahun pelajaran 2020/2021. ‘’Selain sekolah yang telah direkomendasi, mereka juga bebas memilih sekolah mana saja se-Ponorogo,’’ kata Kabid Pembinaan SMP Dindik Ponorogo Soiran Senin (22/6).

Pada PPDB tahun ini, pemkab setempat menyediakan pagu 88 kursi untuk tingkat SMP. Ada tujuh sekolah yang direkomendasi dindik. Meliputi seluruh SMPN di kecamatan kota, serta SMPN 1 Jetis. Setiap sekolah yang direkomendasi, disediakan pagu lima persen. ‘’Contohnya di SMPN 1 Ponorogo. Pagunya 288. Lima persen dari itu ada 14 kursi khusus untuk anak nakes,’’ terangnya.

Jika anak nakes tidak ingin daftar di tujuh SMPN rekomendasi tersebut, bebas memilih di sekolah mana saja yang diinginkan. Termasuk sekolah di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag). ‘’Syarat utamanya menyertakan surat keterangan dari dinas kesehatan yang menyatakan sebagai putra-putri nakes Covid-19,’’ jelasnya.

Hingga kemarin, total sudah ada 36 anak nakes yang mendaftar SMP sederajat. Terperinci, 34 anak mendaftar di SMPN yang direkomendasi. Satu anak mendaftar di sekolah terdekat tempat tinggalnya (di luar tujuh sekolah rekomendasi). Satu anak lain daftar di madrasah tsanawiyah. ‘’Jika total pagu anak nakes tidak terpenuhi, dialihkan ke jalur afirmasi. Jika masih tersisa lagi, dialihkan ke jalur zonasi,’’ urainya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close