84.807 E-KTP Jadi Abu

87

MAGETAN – Penyalahgunaan data kependudukan jelang Pemilu 2019 rawan terjadi. Sebagai antisipasi, kemarin (19/12) sebanyak 84.807 keping kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang rusak dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kasi Identitas Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Magetan Singgih Indrayana menjelaskan, puluhan ribu keping e-KTP elektronik yang dibakar itu sudah tidak terpakai. Karena data yang tercantum invalid sejak 2012–2018. ‘’Pemusnahan dilakukan agar kartu tidak disalahgunakan. Juga mengamankan elemen data yang ada di KTP tersebut,’’ jelasnya kepada Radar Magetan.

Sebelumnya, puluhan ribu keping e-KTP tidak terpakai tersebut tersimpan di masing-masing kecamatan. Namun, karena ada instruksi baru agar kartu itu dibakar, disdukcapil kemudian melakukan penarikan blangko. ‘’Pemusnahan ribuan e-KTP sesuai dengan surat edaran (SE) Mendagri mengenai tata cara pemusnahan e-KTP rusak,’’ kata Singgih.

Cara itu dilakukan untuk menindaklanjuti temuan e-KTP yang tercecer di Bogor pada Mei lalu. Supaya tidak menimbulkan polemik, selanjutnya e-KTP tersebut dimusnahkan. ‘’KTP bekas ini bisa disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan tertentu atau tindak kejahatan. Mengingat tahun depan sudah pelaksanaan pemilu,’’ ungkap Singgih. (mgc/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here