6.770 Kotak Suara Pemilu Lama Masih Menumpuk

100

MADIUN – Sebanyak 6.770 unit kotak suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun tidak kunjung dilelang. Padahal terlewat tiga bulan sejak kotak aluminium itu dibersihkan dari gudang penyimpanan Oktober 2018. Kondisi itu membuat KPU terus mengeluarkan biaya sewa gedung Korpri Madiun sebagai tempat penyimpanan kotak suara yang baru. ‘’Tidak sesuai harapan kami yang bisa beres sebelum 2019,’’ kata Kasubag Umum Keuangan dan Logistik KPU Kabupaten Madiun Suparlan kemarin (7/1).

Suparlan menjelaskan, gudang rencananya dipakai menyimpan kotak suara anyar. Aula dan ruang rapat juga bakal dimanfaatkan untuk mengamankan 13 ribu kotak suara berbahan karton tersebut. Tapi, karena belum dilelang, gudang di sebelah utara sekretariat KPU itu masih untuk menumpuk kotak suara lama. Bila dipaksakan, ruang tidak mencukupi. Untungnya, pemkab bersedia mengalihkan penggunaan gedung Korpri dari semula sewa menjadi pinjam pakai. ‘’Tapi ini masih menunggu suratnya,’’ ujarnya.

Dia belum tahu kapan proses lelang yang dilakukan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dimulai. Pihaknya masih menunggu surat persetujuan lelang dari sekjen KPU RI. Sebelum dilaporkan ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Pihaknya tidak hanya berpangku tangan. KPU RI di Jakarta disurati untuk memastikan turunnya surat persetujuan. ‘’Hingga kini belum ada balasan. Kendalanya apa tidak tahu,’’ akunya.

Sejak Oktober 2018 lalu, KPU telah membersihkan peralatan yang telah dipakai dua kali pemilu itu. Tidak hanya kotak suara, ada pemilahan logistik sisa surat suara Pilkada Juni 2018 yang tidak terpakai untuk dimusnahkan. Langkah itu menyusul turunnya Surat Edaran (SE) Sekjen KPU RI Nomor 449 perihal penghapusan dan penjualan secara lelang perlengkapan pemungutan suara berupa kotak suara berbahan aluminium. ‘’Daerah lain juga belum ada yang dilelang,’’ imbuh Suparlan.

Dia menyebut estimasi yang diperoleh dari lelang sebesar Rp 355 juta. Estimasi itu berdasar hasil survei harga aluminium di tiga lokasi, yakni Rp 15 ribu per kilogram. Sedangkan berat total kotak suara 23.695 kilogram. ‘’Padahal sesuai aturan, lelang dilakukan sebulan setelah penetapan bupati terpilih,’’ tandasnya. (cor/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here