59.544 Surat Suara Rusak, KPU Dirisaukan Logistik Pengganti

29

NGAWI – Ketidakjelasan pengiriman surat suara pengganti yang rusak terus menghantui KPU Ngawi. Dari penghitungan pasca proses sortir dan lipat yang berakhir kemarin (5/4), salah satu logistik pemilu itu yang rusak mencapai 59.544 lembar.

Dari jumlah tersebut paling banyak surat suara DPRD kabupaten dapil Ngawi 1. Yakni, 26.820 lembar  (selengkapnya lihat grafis). ‘’Dibandingkan kebutuhan secara keseluruhan, jumlahnya (yang rusak, Red) memang tidak banyak, tapi tetap harus dicukupi sesuai kebutuhan,’’ kata Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni.

Toni –sapaan akrab Syamsul Wathoni- berharap, surat suara pengganti paling lambat diterima 11 April mendatang. Sebab, logistik dalam kotak suara rencananya didistribusikan mulai hari itu. ‘’Kami sudah siapkan skenarionya. Kalau nanti pengirimannya molor, wilayah terdekat kami tunda pengirimannya,’’ paparnya.

Sementara, proses pengepakan logistik dalam kotak suara sudah dimulai kemarin di Gedung Dwi Pakci, Karangasri. Sekitar 50 tenaga lepas dikerahkan melakukan packing surat suara, alat pencoblosan, segel, formulir penghitungan suara, dan logistik lainnya. ‘’Targetnya lima hari, sampai semua masuk kotak suara,’’ ungkapnya.

Mengenai kondisi cuaca, Toni menyebut tidak terlalu berdampak, kendati proses pengepakan dilakukan di luar gedung dengan menggunakan terop. ‘’Aman, karena setelah di-packing langsung dimasukkan lagi ke gudang. Nanti juga disampul plastik semua, termasuk kotak suaranya,’’ tuturnya.

Sementara itu, di sela kegiatan pengepakan kemarin, Kapolres Ngawi AKBP Pranatal Hutajulu sempat melakukan inspeksi ke gudang milik KPU tersebut. ‘’Pendistribusian logistik sampai ke TPS nanti dikawal petugas 24 jam nonstop. Sudah kami siapkan personelnya,’’ ujarnya. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here