Madiun

5.891 Data Petani Tak Valid, Program Kartu Tani Tetap Dilanjutkan

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Pelik penerapan kartu tani di Kabupaten Madiun bukan hanya pada proses cetak, tapi juga data tidak valid. Belakangan, bank yang ditunjuk memproses pencetakan mengembalikan 5.891 data petani ke dinas pertanian dan perikanan (disperta).

Ribuan nama itu terdaftar dalam elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok (e-RDKK). Pengunggahan datanya dilakukan disperta sebelum akhirnya disetorkan ke Kementerian Pertanian (Kementan). ‘’Diminta melakukan perbaikan,’’ kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperta) Kabupaten Madiun Imron Rosidi Senin (7/9).

Imron menyebut, perbaikan harus dilakukan karena bank mendapati banyak kesalahan penulisan. Seperti ejaan nama, nomor induk kependudukan (NIK), dan identitas lainnya. Kesalahan tersebut telah dilaporkan ke petani agar diperbaiki. ‘’Nanti di-upload lagi ke Kementan lewat petugas di masing-masing kecamatan,’’ ujarnya.

Diketahui, kartu tani menjadi syarat penting petani yang ingin membeli pupuk subsidi. Sesuai dalam Surat Keputusan (SK) Dirjen PSP Kementan Nomor 498/SR.320/08/2020, program itu mulai dijalankan 1 September. Namun, Kabupaten Madiun belum siap.

Dari total 72.331 petani yang terdaftar di e-RDKK, baru 155 yang sudah mengantongi kartu tani. Di sisi lain, disperta mengaku belum mengetahui pasti teknis pelaksanaannya. Pihaknya sekadar penyedia data e-RDKK. Sementara, besaran alokasi hingga pembelian diatur pemerintah pusat. ‘’Aturan penerapannya masih menunggu. Pakai saldo di kartu atau lainnya, belum jelas,’’ beber Imron.

Menurut dia, program beli pupuk subsidi dengan kartu tani akan tetap dilaksanakan. Sebab, hingga kini pusat tidak memberi petunjuk menunda apabila kartu tani belum tercetak semua. Pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mempercepat proses pencetakan. ‘’Saat ini masuk masa tanam musim kemarau (MK) II. Pupuk sedang dibutuhkan petani,’’ ungkapnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close