Madiun

5.129 Siswa Baru Diseragami Pemkot Madiun

Tak Gentar Rogoh Anggaran Besar

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Madiun tak gentar merogoh anggaran besar untuk pengadaan seragam sekolah di tahun pelajaran 2020/2021.

Untuk pengadaan seragam gratis bagi siswa TK, SD, dan SMP negeri itu, pemkot mengalokasikan Rp 3,359 miliar. Besaran dana itu sekaligus meng-cover penerimaan peserta didik baru (PPDB). ’’Awal-awal perencanaan dan sebagainya, termasuk administrasi, kami garap dulu. Sambil menunggu lelang, karena itu juga butuh waktu,’’ kata Kabid Pendidikan Dasar (Pendas) Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Madiun Eny Yuanawati Selasa (19/11).

Seragam yang akan diberikan berupa dua setel kain. Yakni, merah-putih dan pramuka untuk siswa SDN. Biru-putih dan pramuka untuk pelajar SMPN. Serta, seragam almamater atau khaki bagi siswa TK Pembina. ‘’Insya Allah bisa terlaksana dengan baik,’’ ucapnya.

Eny mengingatkan sekolah negeri agar tidak memaksakan siswa baru mengenakan seragam. Terutama saat awal masuk sekolah pada pertengahan 2020 nanti. Karena semua akan disalurkan secara serentak. Dindik pun membuat kebijakan yang mengacu pada Permendikbud 45/2014 tentang Seragam Sekolah bagi peserta didik. Peraturan menteri mengatur beberapa hal. Di antaranya, pengadaan pakaian seragam sekolah diusahakan sendiri oleh orang tua atau wali murid. Pihak sekolah dilarang memaksakan peserta didik membeli seragam. Baik melalui koperasi sekolah maupun komite sekolah. Kecuali atas permintaan orang tua atau wali murid. ‘’Sambil menunggu anggarannya didok. Karena kalau tidak ada duitnya juga tidak bisa membayar,’’ terang Eny.

Adapun mekanisme pengadaannya, pihaknya terlebih dahulu akan membeli kain seragam. Setelah itu, dilakukan uji laboratorium di Bandung atau Jogjakarta untuk melihat kelayakan dan spesifikasi kain. Selanjutnya baru dilakukan lelang. ‘’Jika sudah memperoleh pemenang lelang, baru dibelikan kain untuk percontohan,’’ jelasnya.

Kain yang dibeli pihak ketiga juga diuji laboratorium terlebih dahulu. Untuk mencocokkan dengan kain yang sebelumnya telah diajukan pemkot. Jika kedua jenis kain sesuai, baru dapat dilaksanakan pengadaan secara menyeluruh. Pemberian bantuan kain seragam juga disertai ongkos jahit. Termasuk emblem sekolah. ‘’Jumlah penerima seragam baru diperkirakan mencapai 5.129 siswa. Penganggaran mengacu pada taksiran jumlah itu,’’ tandasnya. (her/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close