49 Balon Udara Beraneka Gambar Hiasi Langit Ponorogo

97

PONOROGO – Sebanyak 49 balon udara menghiasi langit Ponorogo pada Rabu (12/6) pagi. Puluhan balon udara dengan berbagai macam kreasi dan gambar itu diterbangkan di Lapangan Nongkodono, Kauman dalam Festival Balon Udara 2019.

Bedanya semua balon udara itu tidak dibiarkan membumbung tinggi ke langit. Tetapi ditambatkan ke tanah dengan ketinggian maksimal sekitar 150 meter. Selain itu, ukuran balon udara dibatasi hanya tujuh meter. Serta diterbangkan tanpa sumbu api dan petasan.

Meski ramai dibanjiri oleh masyarakat, tetapi secara jumlah peserta tahun ini menurun dibandingkan dengan tahun 2018. Saat itu tercatat ada sekitar 60 balon udara yang melayang-layang di Lapangan Jepun, Balong.

Kapolres Ponorogo AKBP Radiant mengatakan, festival ini ditujukan untuk mengakomodir tradisi menerbangkan balon udara saat Lebaran. ”Tahun ini memang pendaftar menurun, sesuai dengan hasil razia balon udara yang kami lakukan,” kata Radiant.

Radiant menjelaskan festival ini sekaligus sebagai sosialisasi tentang bahaya balon udara liar tanpa awak. Menurutnya, jenis balon udara dengan kategori tersebut dapat menyebabkan kebakaran ketika jatuh menimpa rumah warga, lahan dan hutan. ”Tahun ini sudah ada empat balon yang menimpa rumah warga. Petugas sigap mengevakuasi sehingga tidak terjadi kebakaran,” ungkapnya.

Terpisah, Danlanud Iswahjudi Marsma TNI Widiago Ikoputro mengaku festival ini merupakan bagian dari menjaga kearifan lokal. Serta dianggap tidak membahayakan keselamatan penerbangan. (mg7/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here