4 Ribu Personel Amankan Kunker Jokowi di Magetan

237

MAGETAN – Impian warga Magetan bertatap muka dengan Presiden RI Joko Widodo akhirnya terpenuhi. Hari ini (1/2) Jokowi rencananya bakal bertolak ke Bumi Ki Mageti. ’’Ada kunjungan kerja ke Magetan,’’ kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Magetan Suwata.

Presiden Jokowi sesuai jadwal bakal meninjau pelaksanaan program permodalan nasional madani (PNM) di Desa Cepoko, Panekan. Di lapangan Cepoko itu, Jokowi bakal menyapa 500 nasabah PNM. Mereka merupakan masyarakat prasejahtera yang bangkit dari kemiskinan. Mereka kini memulai usaha baru, seperti berjualan pentol hingga kopi. Sedangkan rencana kegiatan sebelumnya, yakni pemberian listrik gratis PLN di Desa Mojopurno, kemungkinan besar ditiadakan. ’’Itu program langsung dari pusat. Kebetulan kami ketempatan saja,’’ ujarnya.

Setelah itu, rombongan bakal kembali ke Kota Magetan untuk menikmati santap siang di RM Harmada Joglo. Kemudian, melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Baitussalam Magetan. Sedangkan Iriana Jokowi bakal beristirahat di hotel BB. Rombongan bakal melanjutkan perjalanan kunker ke Ngawi. ’’Tapi, agenda itu bisa saja berubah setiap saat. Kami terus berkomunikasi dengan protokoler kepresidenan,’’ terangnya.

Sedangkan untuk pengamanan, sebanyak 4.066 personel gabungan TNI/Polri sudah disiapkan. Apel gelar pasukan pengamanan VVIP dilangsungkan di alun-alun sekitar pukul 10.00 pagi kemarin (31/1). Apel tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Korem 081/DSJ Madiun Koloner Inf Masduki. Dalam apel itu juga diikuti Kapolres Magetan AKBP Muhammad Riffai, Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu, Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono, Dandim 0803/Madiun Letkol Czi Nur Alam Sucipto, hingga Dandim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy.

Komandan Korem 081/DSJ Madiun Kolonel Inf Masduki mengatakan, personel pengamanan sudah mulai melaksanakan tugas masing-masing. Di mana, dalam pengamanan kedatangan Presiden Jokowi telah terbagi sesuai plotting yang telah dibentuk. Para personel sudah berjaga di sepanjang jalan yang akan dilalui Presiden Jokowi. Juga, tempat-tempat yang dimungkinkan akan disinggahi. ’’Pengamanan ini sangat ketat untuk mewaspadai adanya kelompok yang akan mengganggu kelancaran kedatangan presiden,’’ katanya.

Masduki mengimbau semua pihak yang bersangkutan agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Juga, komitmen yang tinggi. Dengan begitu, baik rombongan dalam kunker presiden maupun masyarakat yang ingin menyaksikan bisa merasa aman dan nyaman. Tidak bisa dimungkiri kedatangan Jokowi akan mengundang antusiasme warga. ‘’Jangan lengah, tetaplah waspada terhadap apa pun yang mungkin akan terjadi,’’ pesannya. (mgc/bel/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here