316 Pelamar CPNS Gugur sebelum Bertempur

308

PACITAN – Pendaftaran peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 ditutup 15 Oktober malam lalu. Di Pacitan terdaftar 2.058 pelamar. Sebanyak 316 pelamar dinyatakan tidak lulus verifikasi berkas administrasi. Sisanya, 1.742 pelamar berhak mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD). ‘’Jenis kegagalannya bervariasi. Mulai ringan hingga berat,’’ kata Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pacitan Sakundoko, Senin (22/10).

Sejatinya, kata dia, kesalahan para peserta terbilang simpel namun riskan. Dia mencontohkan sejumlah pelamar salah mengunggah transkrip nilai. Seharusnya transkrip perguruan tinggi, bukan transkrip nilai kopertis dan kopertais. ‘’Di perguruan tinggi mata kuliahnya lengkap. Tapi, di kopertis maupun kopertais hanya mata kuliah yang diujikan,’’ jelasnya.

Tak hanya itu, kejelian dalam pemilihan background foto juga jadi ganjalan kelulusan pelamar CPNS ke tahap berikutnya. Pasalnya, dari yang semestinya berlatar belakang merah namun tak sedikit pendaftar asal pilih warna.

Berkas lamaran juga jadi catatannya. Dari yang semestinya ditujukan ke bupati Pacitan, para peserta justru salah tujuan. Tak sedikit alamat tujuan ke gubernur, mendikbud, hingga instansi lainnya. ‘’Kami berpedoman pada persyaratan yang telah di-uplaod. Jika tidak sesuai ya gugur,’’ ujar asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Pacitan ini.

Kemungkinan kesempatan kedua bagi para pendaftar yang gugur seleksi berkas administrasi, Sakundoko memastikan tidak ada. Pasalnya, hingga kini tak ada informasi tambahan dari pusat. ‘’Kalau yang gugur sudah tak bisa daftar lagi tahun ini. Diharapkan jika tahun-tahun mendatang ada lagi harus benar-benar cermat,’’ tekannya.

Terkait minimnya pelamar di beberapa formasi, menurut dia, para peserta tetap harus mengikuti tahapan seleksi. Pasalnya, dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah disepakati grade nilai minimal untuk dapat lolos tes SKD. ‘’Ujiannya di Wisma Haji Kota Madiun untuk peserta se-eks Karesidenan Madiun. Tapi, jadwalnya masih menunggu,’’ tuturnya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here