Ponorogo

307 Desa-Kelurahan di Ponorogo Ditargetkan Jadi Kampung Tangguh

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kampung tangguh merambah Ponorogo. Ratusan desa dan kelurahan ditargetkan menyandang status tersebut. Tujuannya memperkuat pencegahan dan penanggulangan Covid-19. ‘’Di Ponorogo disiapkan 307 kampung tangguh,’’ kata Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis Rabu (3/6).

Predikat kampung tangguh disematkan pada desa dan kelurahan yang menerapkan sistem pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Seluruh masyarakatnya sadar dan mematuhi protokol pencegahan korona. Pun dapat berkolaborasi melindungi desa dari penularan virus korona. ‘’Harapannya dalam dua pekan ke depan dapat tercapai. Karena sebelumnya sudah ada desa siaga,’’ ujarnya.

Kemarin Kelurahan Tonatan, Kecamatan Ponorogo, di-launching. Di kelurahan ini ada posko informasi penyebaran korona. Juga dilengkapi sistem pengamanan kampung yang efektif dengan sarana dan prasarana memadai. Pun, tersedia sumber daya manusia (SDM) untuk evakuasi dan pemulasaran penderita korona. ‘’Serta ada lumbung pangan sebagai bentuk gotong royong,’’ jelas kapolres.

Siapa pun warga bisa menyumbang bahan makanan di lumbung pangan. Nantinya, warga yang membutuhkan dapat mengambilnya untuk dikonsumsi di rumah. ‘’Jadi, warga yang mampu bisa membantu yang sakit atau membutuhkan,’’ terangnya.

Bupati Ipong Muchlissoni mengapresiasi pembentukan kampung tangguh yang embrionya desa siaga. Yang menarik adalah lumbung pangan. ‘’Dulu ketika awal pandemi, Ponorogo sudah menyiapkan desa siaga. Ini juga sejalan dengan kampung tangguh yang bertumpu pada aspek pencegahan,’’ ungkapnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close