30 Napi Rutan Medaeng Dilayar ke Lapas Ngawi

102

NGAWI – Laju roda kejahatan menggelinding kencang. Setidaknya, Lapas Klas II B Ngawi mendapat layaran 30 narapidana (napi) dari Rutan Klas I Surabaya alias Medaeng. ‘’Layaran ini merupakan dampak over-kapasitas Rutan Medaeng,’’ kata Kepala Keamanan Lapas Klas II B Ngawi Irphan Dwi Sandjojo.

Irphan mengatakan, over-kapasitas Rutan Medaeng tembus hingga 800 persen. ‘’Program Kemenkumham Jatim. Salah satu tujuannya untuk memutus mata rantai tindak kriminal,’’ ujarnya kepada Radar Ngawi.

Bagaimana kondisi Lapas Klas II B Ngawi sendiri? Irphan tidak menampik bahwa lapasnya juga mengalami over-kapasitas jauh sebelum mendapat tambahan napi dari Rutan Medaeng kemarin. Dari kapasitas normal sebanyak 200, lapas di sebelah selatan Alun-Alun Merdeka itu saat ini dihuni 328 napi. ‘’Jumlah tersebut sudah termasuk 30 layaran dari Surabaya,’’ tutur Irphan.

Irphan meyakini layaran puluhan napi dari Medaeng itu tidak akan menimbulkan dampak negatif bagi para napi sebelumnya. Pasalnya, tidak ada catatan khusus semisal pelanggaran yang melekat kepada 30 napi pindahan tersebut. ‘’Pelayaran ini pure pengurangan karena over-kapasitas di Medaeng,’’ tekannya.

Kendati demikian, pihaknya tidak mau mengendurkan kewaspadaan. Potensi dampak negatif tetap diantisipasi. ‘’Jumlah petugas pengamanan memang kurang, tapi masih cukup memadai untuk menjaga kondusivitas lapas,’’ terangnya.

Puluhan napi tersebut tiba di Lapas Ngawi sekitar pukul 07.00. Mereka dikawal empat petugas keamanan dan seorang staf administrasi. ‘’Latar belakang kasusnya termasuk kriminal umum. Sisa hukuman mereka di kisaran 3-4 tahun,’’ jelasnya. (mg8/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here