Pacitan

24 Orang Penghuni Ponpes Dites Swab

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Temuan santri terkonfirmasi korona langsung ditindaklanjuti oleh Tim Gugus Tugas Penanggulangan (TGTP) Covid-19 Pacitan. Sejak Senin (7/9) tracing terus dilakukan oleh tim surveilans dari dinas kesehatan (dinkes) untuk mencegah persebaran kasus di lingkungan pondok pesantren (ponpes).

Jubir TGTP Covid-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, sudah 24 orang yang menjalani swab test. Mereka santri dan pengelola ponpes tersebut. Saat ini pihaknya tinggal menunggu hasil pemeriksaan tes usap itu keluar. ‘’Mereka yang kontak erat dengan pasien langsung dikarantina internal,’’ katanya.

Pihaknya mengapresiasi kesiapan pihak ponpes untuk mencegah penularan. Rachmad berharap temuan itu tidak sampai meluas dan menyebabkan klaster baru. ‘’Hasil pemantauan, pihak ponpes sudah patuh pada protokol kesehatan,’’ ungkap kepala diskominfo itu.

Berdasarkan hasil penelusuran sementara, TGTP Covid-19 belum bisa memastikan dari mana sumber penularan virus yang menginfeksi santri ponpes tersebut. Karena yang bersangkutan mengaku tidak mempunyai riwayat perjalanan ke daerah zona merah. ‘’Diketahui terkonfirmasi ketika santri itu berada di rumah. Nah, tertularnya dari mana belum diketahui. Kami masih menunggu hasil pemeriksaan tesnya seperti apa,’’ ujar Rachmad. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close