200 Anak Disunat Masal Gratis

32
SOSIAL: Wabup Magetan Nanik Endang Rusminiarti meninjau kegiatan khitan masal di Gedung Korpri Rabu (10/7).

MAGETAN – Berbagai upaya dilakukan Pemkab Magetan untuk mengurangi beban ekonomi warganya. Misalnya dengan menggelar sunat masal yang dilaksanakan dinas sosial (dinsos) di Pendapa Surya Graha dan gedung Korpri Rabu (10/7).

Tiap tahun ratusan anak dikhitan saat libur panjang sekolah. Sunat masal diperuntukkan anak-anak mulai usia 5 tahun hingga menginjak remaja, 12 tahun. Sebanyak 200 anak yang ikut kegiatan tahunan itu tidak dipungut biaya alias gratis. Bahkan dapat bingkisan saat pulang. ‘’Tentu ini dapat meringankan beban masyarakat yang kurang mampu. Sehingga mereka dapat melaksanakan kewajibannya mengkhitankan anaknya,’’ kata Wabup Magetan Nanik Endang Rusminiarti.

Dia berharap kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat. Selain aman, dikhitan juga berdampak baik bagi kesehatan. ‘’Sangat bagus. Semoga ke depan selalu diadakan dan lebih banyak anak-anak yang ikut,’’ harap Nanik.

Kepala Dinsos Magetan Sucipto menambahkan, peserta khitan masal menyebar di berbagai wilayah. Termasuk 20 anak dari Maospati ikut menjadi peserta sunat masal tersebut. ‘’Dengan begini, bisa membantu dan meringankan beban masyarakat dalam mengkhitankan anaknya,’’ ujarnya.

Tujuan lain dari penyelenggaraan khitan masal adalah mendekatkan masyarakat dengan pemimpinnya. ‘’Kami juga bekerja sama dengan pihak puskesmas di setiap kecamatan untuk proses penyembuhan peserta khitan masal,’’ papar Sucipto.

Selain dari puskesmas, penyelenggaraan ini juga melibatkan pihak dinas kesehatan (dinkes) dan RSUD dr Sayidiman. Sekaligus dibantu tim penggerak PKK untuk menjaring peserta sunat masal anak. (ebo/bel/c1/her/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here