2.300 Pemilih Punya Kesamaan Waktu Lahir

67

MADIUN – Laporan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi perihal banyaknya pemilih yang mempunyai kesamaan tanggal lahir dan bulan sempat membuat KPU dan Bawaslu Kota Madiun kelabakan. Belum lama ini mereka melakukan penyisiran dan verifikasi data pemilih menanggapi aduan tersebut.

Hasilnya, KPU-Bawaslu Kota Madiun membenarkan temuan kesamaan hanya pada tanggal lahir dan bulan pada sejumlah pemilih. Namun, temuan itu rata-rata sudah berusia 60 tahun ke atas. Karena lupa kapan persisnya tanggal lahir mereka. ‘’Dan, itu sudah diklarifikasikan juga ke dispendukcapil,’’ kata Ketua Bawaslu Kota Madiun Kokok Heru Purwoko kemarin (18/3).

Dari hasil penyisiran, ditemukan ada sekitar 2.300 pemilih yang mempunyai tanggal lahir dan bulan sama di Kota Madiun. Perinciannya, pemilih yang lahir pada 1 Januari ada sekitar 1.300 orang, 1 Juli 500 orang, dan 31 Desember 500 orang. ’’Setelah kami lakukan sampling, memang ternyata ada orangnya,’’ ungkap Kokok.

Pihaknya sempat mengklarifikasikan persoalan itu ke dispendukcapil. Kokok mendapatkan jawaban jika ribuan pemilih tersebut mempunyai kesamaan tanggal lahir dan bulan lantaran memang tidak hafal persis waktu kelahirannya. Para pemilih yang tergolong sudah lanjut usia (lansia) itu hanya memberikan petunjuk bahwa mereka lahir antara awal, pertengahan, dan akhir tahun.

Sehingga, oleh petugas pencatatan sipil, identitas tanggal lahir mereka dicantumkan di dalam kartu tanda penduduk (KTP) sesuai dengan pernyataan warga tersebut. ’’Sempat kami ragu, kok banyak sekali warga yang lahir di tanggal dan bulan itu. Untuk memastikannya, kami bersama KPU Kota Madiun melakukan sampling,’’ jelasnya.

Seperti diketahui, BPN Prabowo-Sandi melaporkan 17,5 juta nama pemilih yang menurut mereka tidak wajar di daftar pemilih tetap (DPT) ke KPU RI. Selain datanya yang ganda, BPN menyebut nama-nama yang masuk DPT tersebut terindikasi fiktif. Indikasi ini karena ada penduduk yang bertanggal lahir sama. Misalnya tanggal 1 Juli yang jumlahnya mencapai 9,8 juta. Sementara yang lahir pada 31 Desember sebanyak 3 juta. (her/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here