162 Pejabat Berbagai Eselon Dimutasi

99
PROFESIONAL: Kang Woto dan Bunda Nanik bersama Wakil Ketua DPRD Ali Basri dan pejabat pemkab lainnya saat acara mutasi kemarin (22/3).

MAGETAN – Gerbong mutasi kembali dijalankan Bupati Magetan Suprawoto. Kemarin (22/3) ada sebanyak 162 pejabat berbagai eselon yang terkena perpindahan dan promosi jabatan. Terdiri 105 pejabat eselon III dan IV serta 57 kepala SMP. ‘’Mutasi dan promosi dalam organisasi itu wajar dalam upaya peningkatan kinerja,’’ kata bupati yang akrab disapa Kang Woto itu.

Diakuinya, mutasi merupakan bagian dari pengisian jabatan kosong yang ada saat ini. Serta dianggap menjadi langkah strategis organisasi dalam efektivas kinerja dan optimalisasi kinerja. ‘’Karena saya ingin lari cepat, tapi banyak jabatan yang kosong. Makanya diisi,’’ ujarnya.

MUTASI DAN PROMOSI: Bupati Magetan Suprawoto melantik 162 pejabat administrator, pengawas, dan kepala sekolah di Pendapa Surya Graha.

Kang Woto mengungkapkan bahwa tahapan pengisian jabatan kosong itu sudah dimulai sejak lama. Sebab, prosesnya harus menunggu keputusan dari Kemendagri terlebih dahulu. Karena dirinya belum genap enam bulan pasca dilantik sebagai orang nomor satu di Magetan. ‘’Yang buat lama itu sebenarnya menunggu rekomendasi Kemendagri,’’ ungkapnya.

Kendati demikian, Kang Woto menegaskan mutasi dijalankan tanpa mengedepankan sikap like and dislike. Sebaliknya, dia lebih condong pada rekam jejak berdasarkan pertimbangan baperjakat dan penilaian dari masyarakat. ‘’Sekarang teknologi sangat berkembang. Banyak nama yang masuk dari masyarakat,’’ terang mantan Sekjen Kemenkominfo itu.

Bahkan, saat menentukan pengisian jabatan kosong kepala SMP, Kang Woto sengaja menerapkan tahapan interview. Dengan harapan bisa mendapatkan kepala sekolah (kasek) yang mumpuni dan qualified. ‘’Karena anak dan cucu kita dititipkan pada mereka,’’ ucapnya.

Dia menyadari tidak semua pihak puas dengan hasil mutasi yang sudah ditetapkan. Namun demikian, dirinya coba bersikap profesional. Karena proses itu ditentukan berdasarkan pertimbangan kualifikasi personal dan tugas pokok yang diemban nantinya. ‘’Saya harap pejabat yang sudah dilantik mampu melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Tanggung jawab ini tidak ringan. Harus melayani masyarakat,’’ pungkasnya. (hms/bel/c1/her/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here