16 Mahasiswa Unipma Magang di Thailand dan Filipina

314

MADIUN – Mahasiswa Universitas PGRI Madiun (Unipma) semakin banyak yang dikirim ke luar negeri. Pihak kampus memfasilitasi dengan menyediakan program magang. Setelah mengirim enam mahasiswa ke Thailand dan Filipina, di awal tahun jumlahnya bertambah. Yakni, menjadi 16 orang dikirim ke dua negara tersebut. ’’Hari ini kami melepas mahasiswa terbaik untuk program magang pembelajaran dan industri,’’ kata Rektor Unipma Parji.

Kegiatan itu merupakan bagian dari program magang Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO). Di tahun ini pula Unipma  menerima 18 mahasiswa asing. Parji mengatakan bahwa program magang itu bagus. Sebab, bisa melatih mahasiswa untuk mengenal lingkungan yang lebih luas di dunia internasional. Pun jadi bekal menambah kompetensi dan wawasan internasional dari sisi kebahasaan. Termasuk, mengenal program pembelajaran pendidikan di negara lain. ’’Program magang SEAMEO ini menjadi langkah awal kami untuk terus berkiprah di tingkat internasional. Tahun ini luar biasa, mendapat kepercayaan dunia internasional,’’ ujarnya.

Parji mengklaim, program SEA Teacher atau magang mengajar ini mendapat apresiasi positif dari SEAMEO. Selain ke Thailand dan Filipina, tahun ini juga berencana mengirim mahasiswanya ke China, Vietnam, dan Jepang. Dimungkinkan bulan April atau Mei. MoU sudah disiapkan sekaligus paspor. Dengan adanya program ini, tentu menunjukkan bahwa di kampus ini akan semakin banyak kegiatan yang tingkatnya internasional. Selain mahasiswa, juga dari sisi dosen melakukan kerja sama internasional. Ini dibuktikan dengan banyaknya tawaran kerja sama dosen ke luar negeri seperti  Thailand. Bahkan, akhir-akhir ini juga baru pulang dari New Zealand. ’’Meskipun kampus ini di Madiun, insya Allah ke depan akan banyak kegiatan bersifat internasional. Hal ini sudah sesuai dengan tagline kami, yakni Unipma Go International,” terangnya.

Parji juga berpesan kepada mahasiswa yang mengikuti program magang SEAMEO ini bisa membawa nama baik Unipma dan Indonesia. Dengan kehadiran mereka di negara orang lain, bisa menunjukkan bendera Unipma dan juga Indonesia. Diharapkan pula bisa bersaing dengan sportif. Pun harus mampu menunjukkan presatasi dengan baik dan juga  menunjukkan performa yang berkualitas.’’Program magang SEAMEO ini menjadi langkah awal kami untuk terus berkiprah di tingkat internasional,” pungkasnya. (tp1/bar/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here