Madiun

14.500 Warga Madiun Jobless

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kabupaten Madiun masih tinggi. Tercatat saat ini ada sekitar 14.500 warga masih jobless (pengangguran). Disnakertrans coba mereduksi angka tersebut dengan menggelar pelatihan sebagai modal untuk mencari pekerjaan. ‘’Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, angka itu mengalami penurunan. Pada 2018, ada sekitar 15 ribu warga belum memiliki pekerjaan,’’ kata Kepala Disnakertrans Kabupaten Madiun Wijanto Djoko Poernomo.

Angka pengangguran itu didominasi para lulusan SMA. Meski demikian, Wijanto optimistis TPT di Kabupaten Madiun bakal terus mengalami penurunan karena terbukanya lapangan pekerjaan baru. Seperti makin banyaknya investor yang menanamkan modal mereka di Kabupaten Madiun. ‘’Kami juga akan bekerja sama dengan pemprov untuk melakukan pelatihan keterampilan ketenagakerjaan. Tujuannya supaya masyarakat bisa berwirausaha,’’ jelasnya.

Dia berharap masyarakat berperan aktif mengikuti pelatihan keterampilan yang diadakan oleh pemkab. Karena itu bisa mereka jadikan sebagai modal untuk mencari pekerjaan atau membuka usaha sendiri. ‘’Saat ini ekonomi mikro mulai meningkat peminatnya karena adanya keterampilan yang kami lakukan,’’ ujar Wijanto. (mgc/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close