108 Liter Arjo dan Tiga Pelaku Diamankan Polisi

73

PONOROGO – Sulit memberantas tuntas peredaran minuman keras (miras). Buktinya, petugas Satsabhara Polres Ponorogo masih saja mendapati ratusan liter miras jenis arak jowo (arjo) dalam operasi cipta kondisi (cipkon) pengamanan Natal dan tahun baru. ‘’Kami amankan dari lokasi dan waktu berbeda,’’ kata Kasat Shabara Polres Ponorogo AKP Djoko Winarto kemarin (19/12).

Ada sepuluh lokasi yang disasar operasi cipkon yang digelar mulai pukul 14.30 hingga 23.00, Senin (17/12). Petugas mendapati miras siap edar di tiga lokasi. Miras tersebut dikemas dalam botol bekas air mineral ukuran 1,5 liter. ‘’Tiga pelaku kami amankan beserta barang bukti,’’ ujarnya.

Lokasi pertama di rumah Dhiman, Kelurahan Brotonegaran, Ponorogo. Petugas mengamankan 12 botol arjo. Sementara di rumah Ismail, Desa Ngabar, Siman, juga diamankan 12 botol arjo. Kemudian, di rumah Yulius Sugiantoro, Desa Bajang, Balong, ditemukan 48 botol arjo. Mereka mendapat pasokan arjo dari Bekonang, Sukoharjo, Jawa Tengah. ‘’Semua botol diwadahi kardus,’’ sambung Djoko.

Total miras yang disita petugas dari tiga lokasi tersebut 72 botol ukuran 1,5 liter atau sekitar 108 liter arjo. Petugas pun menggelandang para pengedar berikut barang bukti ke mapolres setempat. ‘’Mereka penjual lama yang tidak jera meski telah beberapa kali tertangkap dan dihukum,’’ sebutnya.

Mereka tidak kapok lantaran bisnis minuman haram itu lumayan menggiurkan. Per botol 1,5 liter dijual Rp 35 ribu. Atas perbuatannya, mereka dijerat Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) 86/1977 dan 59/1982 tentang Minuman Keras. Mereka terancam hukuman kurungan penjara satu bulan. ‘’Tetap kami sidang dan proses sesuai prosedur hukum yang berlaku,’’ ungkapnya.

Djoko mengimbau warga menjauhi minuman memabukkan tersebut. Jika melihat ada penjual miras jenis apa pun, dia minta segera melapor ke polisi. ‘’Miras jadi penyebab utama tindak kriminal maupun kecelakaan lalu lintas. Karena itu, mari kita sama-sama memberantas peredaran miras,’’ ajaknya. (mg7/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here