10 SMA Terapkan USBN Berbasis Smartphone

147

PACITAN – Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim menghalalkan penggunaan smartphone sebagai peranti ujian sekolah berstandar nasional (USBN) Maret mendatang bisa diterima di Pacitan. Sepuluh SMA menyatakan siap menerapkan. ‘’Semua (delapan) SMA negeri dan dua SMA swasta bakal menggunakan,’’ kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jatim Wilayah Pacitan Yusuf kemarin (13/2).

Menurut dia, sekolah-sekolah tersebut menerapkan USBN berbasis smartphone lantaran keterbatasan perangkat komputer. Meski mampu menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK), bukan alasan untuk tidak menggelar USBN berbasis smartphone. Petimbangannya efisiensi. Mengingat jumlah mata pelajaran USBN lebih banyak dibandingkan ujian nasional (UN). ‘’USBN berbasis smartphone ini sebagai solusi karena sarana prasarana belum terpenuhi,’’ ujarnya.

Dalam sehari, setiap SMA menggelar satu atau dua sesi. Masing-masing sesi dua mata pelajaran. Sementara untuk SMK, belum ada yang menyelenggarakan sitem ini. Sebab, kebijakan penggunaan smartphone hanya untuk SMA. Penerapannya bertahap. Pun smartphone yang digunakan harus memiliki spesifikasi tertentu. ‘’Android dengan RAM dua gigabyte dan layar minimal lima inci,’’ terang Yusuf.

Spesifikasi tersebut disyaratkan agar pelaksanaan ujian berjalan lancar. Syarat tersebut juga sudah melalui pengujian sebelumnya. Sejak sesi dimulai, aplikasi yang digunakan ujian tetap berjalan hingga sesi USBN berakhir. Untuk menunjang pelaksanaan ujian, pihaknya telah berkoordinasi dengan PLN. Termasuk penyedia layanan internet. ‘’Kami datangkan PLN agar dilakukan penjagaan maksimal, juga koneksi internet,’’ tuturnya.

Dia menyebut smartphone bukan berasal dari pengadaan. Baik pihak sekolah maupun pihaknya. Masing-masing pinjaman milik siswa. Sedangkan siswa yang tidak memiliki smartphone, pilihannya menggunakan komputer atau pinjam gurunya. ‘’Kalau tidak ada nanti bisa dipinjami guru,’’ jelas Yusuf. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here