Mejayan

10 Kali Swab, Seorang Pasien Covid-19 Belum Positif Sembuh

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Seorang pasien positif Covid-19 di RSUD Caruban harus berulang kali diambil swab-nya. Sejak dirawat 23 April lalu, sampel lendir dari hidung atau tenggorokan pria 22 tahun itu diambil hingga sembilan kali. ‘’Hasil uji laboratorium swab ke-9 masih dinyatakan positif,’’ kata Pengelola dan Pelaporan Data Satgas Covid-19 RSUD Caruban Didik Irwanto Minggu (14/6).

Didik menerangkan, seorang pasien positif korona dinyatakan sembuh tatkala hasil swab-nya dua kali berturut-turut negatif. Dalam kasus ini, pasien yang tinggal di Desa Sidodadi, Mejayan, itu hanya sekali hasilnya negatif. ‘’Jadwal pengambilan swab ke-10 Selasa nanti (16/6),’’ ujarnya.

Dia kurang tahu mengapa pasien tidak kunjung sembuh meski sudah dirawat lama. Kasus tersebut banyak terjadi di daerah lain. ‘’Beberapa kali kami melakukan webinar (seminar online, Red) dengan profesor dan peneliti, pasien yang lama tidak sembuh itu dinilai sudah tidak bisa menularkan ke orang lain,’’ bebernya.

Meski dinilai tidak menjadi penular, Didik tidak akan mengarahkan pasien menjalani isolasi mandiri. Sebab, penilaian profesor dan peneliti itu belum didukung pernyataan atau surat resmi dari Kemenkes. Juga kekhawatiran timbul gejolak di lingkungan tempat tinggal pasien. ‘’Keluarga pasien sempat protes minta pulang. Kami sebenarnya siap karena kondisinya  juga baik. Tapi, karena pertimbangan-pertimbangan itu, pasien masih dirawat di rumah sakit,’’ terangnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close