Pacitan

10.053 Kotak Suara Selesai Dirakit

PACITAN – Ribuan kotak suara Pemilu 2019 tuntas dirakit. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan melibatkan sedikitnya 10 warga sejak Selasa (19/2) hingga Senin lalu (25/2). Kini 10.053 kotak suara itu ditempatkan di gudang II KPU. ‘’Kami simpan di gudang sebelum surat suara tiba,’’ kata Komisioner Divisi Logistik KPU Pacitan Sulis Setyorini kemarin (26/2).

Rini memastikan seluruh kotak suara yang dirakit tak ada yang rusak. Untuk mengantisipasi, ribuan kotak tersebut ditumpuk di atas palet. Gudang baru tersebut diklaim aman dari tikus dan serangan hewan pengerat lainnya. ‘’Palet juga untuk mengantisipasi agar bagian bawah tak lembap,’’ ujarnya.

Sementara, proses distribusi bakal menunggu seluruh logistik siap. Terlebih surat suara yang hingga kini belum tiba. Pasalnya, sebelum disebar, seluruh kotak bakal dilengkapi peralatan pemilihan. ‘’Saat ini surat suara belum sampai, nanti setelah selesai proses lipat, surat suara langsung kita masukkan ke kotak,’’ ungkap Rini.

Rencananya pengiriman logistik dilakukan H-10 jelang coblosan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) sebelum ke panitia pemilihan suara (PPS) tingkat desa H-1. Rencananya setiap desa mendapat lima kotak suara, ditambah dua kotak suara di untuk rekap hasil penghitungan. ‘’Distribusi dikawal aparat kepolisian,’’ jelasnya. (mg6/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close