Ponorogo

1.320 RTLH di Ponorogo Segera Direhab

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Ribuan rumah tidak layak huni (RTLH) di Ponorogo segera ditangani. Program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dari dana pusat telah disiapkan. Total 1.320 unit RTLH masuk daftar BSPS. ‘’Saat ini tahap sosialisasi,’’ kata Kabid Perumahan dan Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Ponorogo Dwi Puspitorini kemarin.

Para peserta BSPS bakal mendapat bantuan Rp 17,5 juta. Perinciannya, Rp 15 juta untuk pembelian material dan Rp 2,5 juta untuk biaya pekerja. Dana dari pemerintah pusat akan langsung ditransfer ke rekening pribadi penerima. Setelah itu, mereka membayar ke toko bangunan. ‘’Pelaksanaan dibagi dua tahap,’’ ujarnya.

Meski dana terbatas, Dwi minta rehab tetap memperhatikan tiga aspek. Yakni, keselamatan, kesehatan, dan kecukupan minimal bangunan seluas sembilan meter persegi per orang. ‘’Tahap pertama akan dilaksanakan 986 unit. Tahap kedua sisanya. Periode pelaksanaan program mulai Juni sampai Oktober,’’ terang Dwi.

Beberapa pekan terakhir DPUPKP intens sosialisasi di 61 desa yang tersebar di 16 kecamatan. Dwi berharap, program stimulan atau pancingan ini tepat sasaran kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). ‘’Harus ada peran masyarakat. Kepala desa dan perangkatnya diharapkan ikut mendorong kesuksesan program ini,’’ pintanya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close